Matcha Si Pengusir Jerawat [acneeinstein]

Matcha Si Pengusir Jerawat

PinkKorset.com, Jakarta – Berbekal kandungan antioksidan 100 kali lebih tinggi dari teh hijau biasa, matcha ternyata mampu melindungi kesehatan wajah.

Berbeda dengan teh hijau biasa, matcha diperoleh dari pemetikan daun teh muda, yang terlindung dari paparan sinar matahari langsung selama empat hingga lima pekan. Dengan cara ini, kandungan klorofil dalam matcha lebih tinggi ketimbang teh hijau umumnya.

Dermatologist Klinik Beyoutiful dr. Gloria Novelita Sp.KK menjelaskan, tingginya klorofil matcha berbanding lurus dengan antioksidan . Sebanyak sepertiga antioksidan matcha adalah polifenol dan salah satu turunannya yakni katekin.

Sementara salah satu senyawa antioksidan kuat dari turunan katekin adalah Epigallocathecin-gallate (EGCG).

“EGCG memiliki 25 – 100 kali lipat lebih baik menjaga kesehatan kulit ketimbang vitamin C dan E,” katanya saat launching Garnier Pure Active Matcha Foam di Jakarta, Selasa (26/7/2016).

Senyawa tersebut memiliki kemampuan anti inflamasi, meningkatkan sistem imunitas dan anti tumor. sementara manfaat untuk kulit dapat menghilangkan jerawat ringan seperti komedo, menurunkan produksi minyak berlebih dan membantu mempercepat regenerasi kulit.

“Selain itu EGCG mampu menghambat penuaan (anti aging) dan anti tumor,” ujarnya.

Kendati matcha terbilang ‘sakti’, tetapi Anda tidak dapat langsung merasakan manfaatnya hanya dengan menempelkan daun maupun matcha bubuk di kulit.

Menurut dr. Gloria, senyawa EGCG ini bersifat menyatu dengan air (hidrofilik). Sementara kulit berbasis lemak sehingga senyawa tersebut tidak dapat terserap. “Oleh karena itu bahan ini perlu diproses lebih lanjut,” ucapnya.

Kandungan antioksidan matcha dapat terserap ke dalma kulit setelah diproses dan dijadikan produk perawatan wajah, seperti sabun cuci muka.

Selaras dengan hal ini, Group Product Manager Garnier Pure Active PT L’Oréal Indonesia Asa Waworuntu menjelaskan, saat ini Garnier menghadirkan Garnier Pure Active Matcha Foam yang mengandung antioksidan matcha.

“Produk ini juga diperkaya salicylic acid untuk kurangi minyak berlebih hingga 96% dan kurangi jerawat,” katanya.

Pembersih muka yang menyasar kalangan remaja ini tersedia di supermarket dalam dua kemasan, antara lain 100 ml (Rp23.900) dan 50 ml (Rp15.000).

garnier-matcha