Cegah Kanker dengan Pola Hidup Sehat [Secret of Elegance]

Cegah Kanker dengan Pola Hidup Sehat

PinkKorset.com, Jakarta – Menjalankan kebiasaan hidup sehat merupakan cara termudah untuk mencegah kanker payudara.

Selain faktor genetik, tidak sedikit kasus kanker payudara yang berkaitan dengan faktor gaya hidup tidak sehat.

Dr. Samuel Johny Haryono, Sp. B(K)Onk mengatakan, memiliki kebiasaan hidup sehat pun menjadi solusi praktis mencegah kanker payudara.

“Salah satunya adalah menjaga pola makan dengan asupan yang sehat, berhenti atau tidak merokok serta tidak mengonsumsi minuman beralkohol,”ujarnya di Jakarta.

Menurutnya, makanan kaya antioksidan pun dapat menjaga imunitas tubuh. Antioksidan banyak terdapat dalam buah-buahan seperti apel, belimbing, kiwi, jeruk, alpukat, mangga, pepaya, dan semangka.

Selain itu juga makanan yang mengandung riboflavin, betakaroten, kalsium, folat, lutein, vitamin A, dan vitamin D, contohnya: ikan salmon, yogurt, kacangkacangan, wortel, brokoli, dan sayuran hijau.

Spesialis bedah kanker ini menyarankan Anda menghindari makanan yang mengandung zat karsinogenik, yang dapat memicu kanker. “Misalnya yang diproses dengan cara dipanggang atau dibakar sampai hangus kehitaman, makanan yang digoreng pada suhu tinggi menggunakan minyak goreng, serta makanan yang diawetkan dengan garam natrium nitrit, seperti daging olahan,”katanya.

Selain makanan, penting pula untuk mempertahankan berat badan ideal, terutama bagi perempuan yang berusia di atas 50 tahun. Risiko kanker payudara akibat kelebihan berat badan akan semakin tinggi bagi perempuan yang sudah memasuki masa menopause.

“Hal tersebut dikarenakan, semakin lanjut usia, sel-sel lemak yang terdapat dalam payudara dapat memicu peningkatan kadar estrogen dalam jumlah besar, di mana estrogen dapat menjadi penyebab kanker payudara,”paparnya.

WHO (World Health Organization) memberikan rekomendasi untuk berusaha mempertahankan berat badan ideal tanpa upaya berlebihan untuk menurunkan berat badan. Oleh karena itu, di samping menjaga pola makan yang sehat, Anda perlu mengimbangi pula dengan berolah raga secara teratur.

“Tidak perlu olah raga yang berat. Senam aerobik, bersepeda, dan berjalan santai sangat disarankan. Hanya diperlukan 30 menit per hari, minimal dua kali dalam seminggu,”pungkasnya.