Agar Rumah Tangga Berjalan Lebih Baik [pinterest]

Agar Rumah Tangga Berjalan Lebih Baik

PinkKorset.com, Jakarta – Memiliki hubungan yang harmonis adalah impian setiap pasangan. Namun kadang, kita tak tahu memulai dari mana.

Berbagai riset dilakukan dan melahirkan banyak teori baru mengenai bagaimana agar tetap in love dengan pasangan. Namun semuanya takkan terwujud jika Anda berdua tak bekerja sama.

Berikut beberapa tips yang mungkin bisa mempermudah kerja sama itu.

Berpikir Positif

Tetap positif bukan sekadar teori dari buku psikologi. Hal ini berlaku dalam segala aspek kehidupan Anda, termasuk hubungan romantis. Bahkan menurut psikolog sosial dari University of North Carolina, Profesor Barbara Fredrickson, positive thinking bisa mengubah ritme denyut jantung Anda. Wow!

Debat Sehat

Banyak studi menunjukkan, pasangan yang berkomunikasi dengan buruk adalah orang-orang paling tak bahagia. Setiap pasangan pasti akan berargumen, jangan merasa bersalah jika Anda dan dia melakukannya. Masalahnya bukan seberapa sering, tapi bagaimana Anda berdua saat menghadapi perdebatan itu.

Salah satu yang sebaiknya tak menjadi topik debat adalah uang karena ini alasan pertama pasangan bercerai. Cara mengatur keuangan akan selalu berbeda. Ketimbang saling mencari kesalahan, ada baiknya mencari solusi. Jangan merasa paling benar. Pada akhirnya, fokus Anda adalah everybody happy.

Saling Menyemangati

Melontarkan penyemangat seperti, “Kerja yang bagus!” atau “Aku bangga melihatmu,” bisa meningkatkan kebahagiaan pasangan serta menurunkan rasa depresi. Tak perlu setiap saat. Tapi cobalah mengucapkan setidaknya sekali dalam sehari selama sepekan dan rasakan bedanya.

Teman Tetap Penting

Hidup bukan hanya tentang Anda berdua. Begitu memiliki pasangan dan hanya mengandalkan dia seorang, percayalah itu tak baik. Berdasarkan riset ilmuwan komputer Jon Kleinberg dari Cornell University dan Lars Backstorm yang insinyur senior Facebook, hubungan terburuk adalah ketika Anda berdua memiliki banyak teman bersama (mutual friends). Tetap pertahankan sahabat Anda!

Cari Waktu Bersama

Menurut studi, pasangan yang menghabiskan setidaknya enam jam sepekan memiliki hubungan awet. Ini bukan berarti Anda melek semalaman pada satu hari dan mengabaikan dia pada enam hari berikutnya. Lakukan hal-hal kecil setiap hari agar suasana romantis terus terasa. Pastikan Anda berdua tetap saling bicara.

Jangan Lupakan Waktu Intim

Ini juga salah satu kunci penting bagi pasangan menikah. Adanya momen intim setidaknya sekali dalam sepekan, menurut riset, membuat 44% pasangan merasa positif terhadap hubungan mereka. Bahkan jika dilakukan beberapa hari sekali, perasaan positif itu akan meningkat ke 55%.

Tertawa Bersama

Riset menunjukkan, pasangan yang suka tertawa bersama akan menjalani hubungan yang paling memuaskan. Mereka mudah mengingat hal-hal baik. Bahkan, Anda akan merasa lebih dekat dengannya.

Ini juga berlaku untuk pengalaman baru. Anda bisa bepergian bersama atau mungkin ikut kelas dansa, bisa pula sky diving bersama. Apapun! Aktivitas ini bertujuan agar Anda berdua tidak bosan, bersenang-senang, dan bisa berbagi kisah bersama. Hal ini akan mempererat hubungan tersebut.