Agar Si Kecil Suka Buah & Sayuran [mix96buffalo]

Agar Si Kecil Suka Buah & Sayuran

PinkKorset.com – Banyak anak tak menyukai makanan yang menyehatkan seperti buah dan sayuran. Ada beberapa trik untuk menyiasatinya seperti berikut ini.

Banyak orangtua mengalami kesulitan dalam mengatur asupan makanan seimbang. Hal ini karena anak kecil umumnya tak menyukai rasa sayur mayur dan buah-buahan. Anda bisa menyiasati hal ini.

Psikolog keluarga Ayoe Sutomo Mpsi menyarankan, kenalkan sayur dan buah sedini mungkin. Sebaiknya memperkenalkan sayur dan buah dalam bentuk aslinya, artinya tidak di jus atau bentuk lainnya.

“Sesuaikan potonganya dengan dengan usia si kecil,” tuturnya dalam diskusi ‘Asupan Serat Sejak Dini Cegah Penyakit Kronis’ bersama Vega Fruit di Jakarta,.

Hal tersebut ada hubungannya dengan indera pengecap, stimulasi ada dalam proses mengunyah. Selain itu, menciptakan kreasi menarik dari sayur dan buah serta memberikan contoh makan sayur buah pada si kecil.

“Jika usianya kurang dari lima tahun, beri contoh. Sebab anak usia segitu peniru yang ulung,” imbuhnya.

Jika anak telah memasuki remaja, ajak diskusi dengan cara yang menyenangkan. Perlu ada edukasi tentang pentingnya sayur dan buah pada anak. Jika terlanjur tak menyukainya, kata Ayoe, jangan dipaksa.

Pemaksaan hanya akan menimbulkan trauma pada anak, menyebabkan ia enggan makan sayur sampai kapanpun. Anda bisa menciptakan suasana makan yang menyenangkan, seperti membuat bento.

Kombinasikan sayur dan buah dengan makanan lain serta melakukan rutinitas makan bersama, entah di rumah atau di luar rumah. Sehingga dapat menciptakan kondisi emosi yang positif pada anak.

“Emosi positif cenderung menyebabkan ‘ketagihan’ karena ada fungsi sistem kerja otak atau memori yang berkaitan dengan emosi. Anak merekam hal menyenangkan dan ingin mengulanginya,” Ayoe menjelaskan.