Agar tak Sembarang Memilih AC [ebay]

Agar tak Sembarang Memilih AC

PinkKorset.com, Jakarta – Kesalahan dalam membeli Air Conditioner (AC) berdampak buruk pada biaya rumah tangga. Kurangnya pengetahuan pembeli biasanya mendasari kesalahan tersebut.

Kondisi udara yang terpolusi dan suhu yang makin tinggi tiap tahunnya mendorong peningkatan kebutuhan AC. Suhu di Indonesia rata-rata mencapai 34 derajat Celsius dengan kelembaban udara mencapai 80%.

“Idealnya, suhu nyaman yang dibutuhkan manusia sekitar 25 derajat Celsius,” tutur Ahli Refriferasi dan Energi Biomassa, Prof. Dr. Ir. Ari Darmawan Pasek MSc dalam perayaan satu tahun Gree Indonesia di Jakarta, Selasa (9/8/2016).

Ari memaparkan, AC yang baik harus hemat energi, ramah lingkungan dan menjaga kesehatan udara. Memilih AC hendaknya yang memiliki kompresi dua tingkat. Salah satunya, kompresor jenis rotari yang mengonsumsi energi rendah.

Selain itu, AC yang baik menggunakan bahan pendingin ramah lingkungan seperti refrigeran R-410A karena tidak merusak lapisan ozon. Memiliki fitur penyaring bakteri dan mampu menjaga kesehatan udara.

Selain fitur tadi, kemampuan AC harus disesuaikan dengan kapasitas ruangan. Standar tinggi ruangan di Indonesia yang mencapai 3 meter, maka diperlukan AC berkemampuan 0,5 PK untuk memenuhi kebutuhan ruangan 10 meter persegi.

PK adalah ukuran untuk menyatakan besaran AC mendinginkan ruangan. Satu PK kurang lebih mengkonsumsi listrik sekitar 800 watt.

Adapun Gree Indonesia merayakan ulang tahun pertama dan memberikan promo Double Selebration, potongan harga 12-17% untuk seluruh masyarakat Indonesia di Jawa dan Bali.