Anak Kamidia Radisti Sempat Trauma Daging [IG]

Anak Kamidia Radisti Sempat Trauma Daging

PinkKorset.com, Jakarta – Selebritas Kamidia Radisti ternyata pernah membuat kekeliruan, sehingga anaknya trauma makan daging.

Mantan atlet renang yang mengawali karier sebagai Miss Indonesia 2007 ini menuturkan, anak pertamanya, Kaira Fidilla Kanakita, pernah mengalami trauma dengan daging.

Hal ini bermula saat ia memperkenalkan makanan pendamping ASI (MPASI), setelah ASI ekslusif selama enam bulan.

Perempuan yang akrab disapa Disti ini menganggap anak dapat diberikan daging dengan tekstur agak keras selama anak mampu mengunyah.

Karena tidak tahu memasak daging yang lunak, ia pun memberikan sop buntut dan anak menolak dengan alasan teksturnya aneh. Begitu pula dengan daging biasa yang dimasak sup. Kecuali bila disajikan sebagai steak. Sang anak pun trauma.

Berbekal pengalaman ini, ia menyarankan untuk memilih makanan dengan hati-hati dan tidak membuat anak trauma pada makanan,

Menurutnya, ketika tahap MPASI anak diperkenalkan sayuran terlebih dahulu. Setelah terbiasa dengan sayuran, dilanjutkan pengenalan buah yang manis.

Ia berpendapat, anak yang terbiasa konsumsi ASI dengan konsistensi cair dan cenderung tawar, perlu menyesuaikan aneka rasa makanan secara bertahap.

“Kalau setelah ASI, diberikan makanan dengan rasa dan tekstur jauh lebih enak, nantinya ketika diberikan makanan yang tidak enak (pahit), akan menolak (trauma),” ujarnya usai jumpa pers Dokter Kecil Mahir Gizi Versi Online di Jakarta, Rabu (3/8/2016).

Selain itu, saat mengenalkan makanan kepada anak tidak perlu memaksa. Disti menyarankan agar orangtua tidak mengedepankan ego (kesukaan) makanan di depan anak.

Anak secara tidak langsung diarahkan untuk suka makanan yang dikonsumsi orangtua. “Padahal apa yang orangtua makan belum tentu baik dan enjoy buat mereka,” pungkasnya.