Apakah Anda Pecandu Kopi? [techietonics]

Apakah Anda Pecandu Kopi?

PinkKorset.com – Apakah Anda pecandu kopi? Sebelum menyangkal atau mengakuinya, kenali dulu tanda-tandanya.

Seorang profesor bidang psikologi di Universitas Amerika, Laura Juliano, Ph.D menyebutkan, ciri-ciri orang yang menderita masalah dan kecanduan terhadap obat-obatan hampir sama dengan mereka yang kecanduan kafein.

Tanda paling jelas adalah sakit kepala ketika Anda tak mengonsumsi kopi dan tak bisa berhenti mengonsumsinya meski telah berusaha. Istilah untuk menjelaskan para pecandu kopi ini adalah ‘Caffeine Use Disorder’.

“Ketika banyak orang mengonsumsi kafein tanpa membahayakan, ada beberapa efek negatif yang dirasakan. Seperti ketergantungan fisik, mengganggu fungsi sehari-hari, dan menjadi sulit menyerah menjadi tanda-tanda adanya masalah,” ujar Juliano.

Untuk mengetahui apakah Anda memiliki resiko ‘Caffeine Use Disorder’, tanya pada diri sendiri. Apakah Anda tahu efek buruk kafein? Apakah sudah mencoba berhenti dan tidak berhasil? Apakah sakit kepala ketika mencoba berhenti?

Jika semua jawabannya ya, ada kemungkinan anda menderita ‘Caffeine Use Disorder‘.

Kafein memang memiliki beberapa manfaat baik seperti mengurangi resiko terkena kanker kulit dan depresi. Ini disebabkan kandungan antioksidan yang tinggi. Namun, ada batasan mengonsumsi kafein.

Tubuh Anda hanya membutuhkan 400 miligram kopi perhari, setara dua atau tiga cangkir berisi delapan ons kopi. Batas ini direkomendasikan untuk kesehatan Adapun perempuan hamil hanya boleh mengonsumsi kurang dari 200 miligram per hari.

Untuk mengurangi ketergantungan pada kopi atau kafein, cobalah menguranginya sedikit demi sedikit selama empat pekan hingga akhirnya Anda bisa benar-benar mengurangi konsumsi kopi setiap harinya.