Bahaya Lembur pada Perempuan [google]

Bahaya Lembur pada Perempuan

PinkKorset.com, Jakarta – Banyak perempuan yang pernah bekerja hingga larut malam. Tahukah Anda bahayanya?

Perempuan memiliki catatan kesehatan yang cukup menarik. Mulai dari beberapa fase perubahan hormonal mulai dari pubertas, menstruasi, reproduksi, hamil, melahirkan menyusui hingga menopause.

Ketua Jakarta Diabetes Meeting 2016, Dr. dr. Rr. Dyah Purnamasari Sulistianingsih, SpPD-KEMD mengatakan, saat lembur, hormon stres pada perempuan meningkat dan memicu peningkatan gula darah serta tekanan darah. “Selain itu, kebiasaan memakan camilan turut menyumbang tingginya kadar kalori dalam tubuh,”ujarnya dalam acara Jakarta Diabetes Meeting 2016 di Jakarta, Selasa (8/11/2016).

Menurutnya, tubuh memiliki irama secara hormonal. Saat siang hari, proses metabolisme akan tinggi sedangkan pada malam hari menjadi rendah. Jika irama tersebut terganggu maka sistem metabolisne berubah, salah satunya menjadi mudah lapar dan nafsu makan bertambah.

Konsumsi kalori secara berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah sehingga memicu diabetes. Oleh karena itu, lembur tanpa ada istirahat tidak baik, apalagi ditambah faktor risiko lain.

Selain itu, lanjutnya,  perempuan lebih rentan terhadap faktor risiko penyakit ketimbang lelaki. “Namun, kalau masih menstruasi harusnya cukup terlindung (dari penyakit), karena ada hormon estrogen yang melindungi” pungkasnya.

 

 

Belum Ada Berita Terkait