Bawa Anak Mudik? Perhatikan Hal-hal Ini [kratfseg]

Bawa Anak Mudik? Perhatikan Hal-hal Ini

PinkKorset.com, Jakarta – Saat mudik tiba, para orangtua tentu ingin berangkat beserta seluruh keluarga.

Namun, bagi yang membawa anak kecil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Tentu demi kenyamanan dan keselamatan hingga tempat tujuan.

Pemerhati perempuan dan anak serta Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Giwo Rubianto Wiyogo meminta para orangtua tidak membawa anak mudik menggunakan motor.

Menurutnya, anak akan terpapar debu sepanjang jalan dan membahayakan psikologinya. Selain itu, perjalanan jauh juga akan melelahkan fisik anak.

“Orangtua sebaiknya tidak membawa anak mudik dengan sepeda motor, apalagi untuk perjalanan jauh karena sangat melelahkan bagi anak,” ujarnya di Jakarta, akhir pekan lalu.

Sementara bagi yang mudik dengan kendaraan pribadi, pastikan mobil dalam kondisi baik. Periksa kondisi mobil seperti mesin, oli mesin, serta ban cadangan. Periksa juga perlengkapan dalam mobil.

“Sebagai edukasi, jelaskan pada anak ciri khas mengenai kota-kota yang dilalui. Selain bisa menambah pengetahuan anak, cara ini juga bisa membuang rasa jenuh anak,” katanya.

Sedangkan bila anak ikut mudik menggunakan angkutan umum, para orangtua harus mengupayakan anak tidak berada dalam kondisi berdesakan.

Siapkan juga mainan yang disukai anak untuk menemaninya sepanjang perjalanan.” Hal itu bertujuan agar anak tidak merasa bosan selama perjalanan,”katanya.

Giwo pun meminta para orangtua sering beristirahat di tempat-tempat yang telah disediakan. Selain bisa meregangkan otot, juga agar anak tidak terlalu penat di jalan.

“Persiapkan makanan secukupnya, hindari membeli makanan di jalan yang berpotensi membahayakan kesehatan,” ujarnya.

Giwo berharap para orangtua bisa mewujudkan mudik ramah anak pada Lebaran kali ini. Apalagi dari tahun ke tahun tradisi mudik di Indonesia sarat dengan potensi kecelakaan.

Sumber : Antara