Bayi Ubah Struktur Otak Ibunya [statisticbrain]

Bayi Ubah Struktur Otak Ibunya

PinkKorset.com – Hadirnya seorang bayi mengubah hidup seseorang, dalam arti sebenarnya. Menurut sebuah studi, otak perempuan mengalami perubahan struktur saat ia memiliki anak.

Periset dari Belanda dan Spanyol meneliti hasil pindai otak 25 perempuan yang baru memiliki anak pertama, baik sebelum maupun setelah melahirkan. Mereka juga meneliti pindai otak 20 perempuan yang belum punya anak.

Hasilnya, sebagaimana dipublikasikan di jurnal Nature Neuroscience, volume bagian abu-abu di sejumlah area otak menurun pada perempuan yang pernah mengandung. Perubahan ini berlangsung  hingga dua tahun setelah melahirkan.

Penulis studi ini, Elseline Hoekzema dari Leiden University mengatakan, perubahan ini sangat konsisten. “Begitu konsisten hingga alogaritma komputer kami langsung bisa mengenali mana perempuan yang pernah hamil dan yang tidak,” paparnya.

Setelah meneliti perubahan ini, para periset bisa memahami transisi seorang perempuan saat ia bersiap menuju motherhood. Perubahan otak, kata mereka, memang mengintimidasi. Namun hal ini disebut bertujuan evolusi.

“Perubahan ini menyiapkan seorang perempuan untuk menjadi seorang ibu,” imbuh Hoekzema.

Area otak yang mengalami penurunan volume juga signifikan. Mereka terhubung dengan kemampuan untuk mendahulukan kepentingan orang lain, serta membayangkan apa yang mereka pikirkan atau rasakan.

Lalu bagaimana dengan ayah? Studi ini kemudian membandinkan 19 lelaki yang baru pertama jadi ayah dan 17 yang belum punya anak. Tak ada bukti otak mereka mengalami perubahan sebagaimana seorang ibu.