Belanja Kerajinan Tangan di Crafina [PinkKorset]

Belanja Kerajinan Tangan di Crafina

Crafina 2016 resmi digelar, 1000 produk kerajinan tangan dipamerkan dalam pameran tahunan ini.

Mengusung tema ‘from natural resources to creative products for lifestyle’, Crafina 2016 menuangkan keanekaragaman seni dan budaya etnis di tanah air. Terdapat program menarik seperti gelaran musik, workshop craft, fashion show serta talkshow oleh anak muda kreatif selama pameran berlangsung.

Sebanyak 400 stan menawarkan pengalaman belanja cita rasa lokal dengan nilai eksklusif dari tiap daerah, mulai dari busana, tas, perhiasan, hijab, sepatu, lukisan grafir serta kerajinan tangan lainnya. Salah satunya adalah stan Tao Natural yang menjual kerajinan tangan untuk kebutuhan rumah tangga dan fesyen dari material ketak dan rotan.

“Barangnya semua handmade dibuat langsung oleh pengrajin Lombok,” tutur Owner Tao Natural, Leke Galleria pada PinkKorset di Crafina 2016, Jakarta, Rabu (26/10/2016).

Terdapat ragam kreasi diantaranya tempat laundry, toples, tutup saji, vas, bunga, rak, tempat sampah hingga tas. Harga dibandrol dari Rp10 ribu yakni tatakan gelas sampai tas yang dihargai Rp1 juta.

Menurut Leke, harga tas mahal karena proses pembuatan yang sulit dan  material yang seluruhnya dari ketak. Ketak merupakan sejenis rotan yang lebih kecil dan banyak ditemui di hutan Lombok.

Motif tas berupa songket dengan pengerjaan selama dua minggu hingga satu bulan per tas. Tak hanya kerajinan asal Lombok, di Crafina 2016 Anda dapat menemui kreasi fesyen dari kulit asli di stan PD Alghifari.

Stan ini menjual tas, sepatu hingga jaket yang dibuat dari kulit sapi, domba, kambing, ular hingga ikan pari. Harga yang dibandrol untuk sepatu Rp200-700 ribu, tas Rp200-750 ribu dan jaket Rp1-7 juta.

Crafina 2016 digelar di JCC Senayan, Jakarta mulai dari 26-30 Oktober 2016 pukul 10.00-21.00 WIB. Untuk memasuki pameran ini tidak dipungut biaya.