Berikan Anak Perhatian Sejak Masih Janin [paintyourlife]

Berikan Anak Perhatian Sejak Masih Janin

PinkKorset.com, Jakarta – Orangtua wajib memberikan perhatian kepada anak sejak dini. Bahkan sejak anak belum lahir.

Hadirnya anak ke dunia ini sudah menjadi tanggungjawab orangtua. Mereka bertugas mengasuh anak lahir dan batin agar menjadi manusia seutuhnya.

Psikolog Rini Hildayani, M.Si mengatakan, anak sudah membutuhkan perhatian orangtua, bahkan sebelum ia dilahirkan.

Menurutnya, janin pada usia satu pekan sudah terjadi pembentukan sel saraf. Pada usia tersebut, ibu dapat memberikan rangsangan yang bersifat religius, misalkan membacakan ayat-ayat Al-Quran. Orangtua juga bisa mulai mengajak anak berbicara dan memutarkan musik yang menstimulasi perkembangan otak janin.

“Kelekatan orangtua kepada anak harus diberikan saat dua tahun pertama kehidupan anak karena ini masa kritis,” katanya di Jakarta, Sabtu (28/5/2016).

Bentuk kelekatan ini mengandung arti bahwa orangtua telah memahami bahasa anak. Misalkan ibu memahami anak mengangis karena lapar, lalu memberikannya susu. Sementara bila anak menangis karena takut, ibu dapat memberikan pelukan sehingga menciptakan rasa aman pada anak.

Rini menuturkan, anak yang memiliki emosi positif, akan menjadi pribadi yang mudah bergaul dan memiliki cara pemecahan masalah yang bagus, “Bila sebaliknya, mereka akan menjadi orang yang agresif, mudah marah dan interaksi sosial yang kurang,” tutupnya.