Bus Pink, Hadiah untuk Perempuan Jakarta [antara]

Bus Pink, Hadiah untuk Perempuan Jakarta

PInkKorset.com, Jakarta – Hari Kartini yang jatuh pada 21 April lalu dimanfaatkan PT Transjakarta untuk meluncurkan bus bagi kaum hawa.

Dua bus gandeng warna merah muda siap melayani perempuan Jakarta.

Pada kaca bagian samping bus terpampang tulisan ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’ yang merupakan buku berisikan kumpulan surat yang ditulis oleh R.A Kartini. Sementara bus Transjakarta satunya bertuliskan ‘These Girls Are Smart’.

bus-trans-pink3

Bus gandeng pink ini diresmikan oleh Ketua Tim Penggerak (TP) PKK DKI Jakarta Veronica Tan yang merupakan istri Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

“Ini special treatment. Harusnya kalau bus ini khusus perempuan ya kita sebagai perempuan akan diperlakukan lebih baik lagi,” tuturnya di Jakarta, Kamis (21/4/2016).

bus-trans-pink,-veronica-tan

Untuk tahap awal, Transjakarta menyiapkan 10 bus khusus perempuan, namun baru dua yang beroperasi mulai hari ini. Targetnya Mei mendatang ada 10 bus pink beroperasi. “Hari ini yang siap beroperasi ada dua bus karena waktu pengerjaan terbatas,”kata Direktur Utama PT Transjakarta, Budi Kaliwono.

Bus bermerek Scania ini mampu mengangkut 118 penumpang yang terdiri dari 38 penumpang duduk dan 80 penumpang berdiri. Perbedaan mencolok terdapat pada kursi penumpang yang semuanya menghadap ke depan, berbeda dengan bus Transjakarta lain yang menghadap samping.

bus-trans-pink1

Bus pink itu akan beroperasi di jalur busway koridor I (Blok M- Kota). Pertimbangan pemilihan jalur itu karena seluruh koridor transjakarta mengarah ke koridor I sebagai koridor utama.

“Setelah diresmikan, dua bus ini langsung beroperasi. (Sebanyak) 40 persen penumpang adalah perempuan, tapi saya belum hitung akurat,” kata Budi.

Para pengemudi bus-bus khusus itu juga akan dipilih yang perempuan. PT Transjakarta memiliki 37 pengemudi perempuan dan ratusan petugas on board perempuan.

“Tujuannya memberi penumpang keamanan dan kesopanan, serta mengantisipasi segala hal yang mengarah ke kriminalitas dan pelecehan seksual,” ujarnya.