Daycare Rangsang Kemandirian Anak [cbc]

Daycare Rangsang Kemandirian Anak

PinkKorset.com, Jakarta – Anak kerap menangis saat ditinggal orangtua bekerja. Menitipkan anak ke daycare menjadi salah satu solusi.

Berdasarkan situs My Family Care, sebanyak 80% perempuan di Inggris merasa bersalah ketika harus kembali bekerja. Namun kenyataannya, tempat penitipan anak atau daycare membawa manfaat bagi perkembangan anak.

Dalam layanan daycare, semua kebutuhan anak terpenuhi, mulai dari pengasuhan, makanan bergizi, permainan edukatif, hingga pengembangan karakternya.

Berikut manfaat daycare seperti dilansir dari situs Mother&Baby:

Kemampuan bersosialisasi
Salah satu hal yang bisa dipelajari anak adalah ketrampilan bersosialisasi. Jenny Garrett, penulis Rocking Your Role menuturkan, belajar bersosialisasi tak kalah penting dengan keterampilan perkembangan Si Kecil pada usia ini. “Anak akan menghabiskan harinya untuk berinteraksi dengan anak-anak lain, maupun orang dewasa lainnya. Itu semua bermanfaat bagi perkembangan sosialnya,”ujarnya.

Kualitas kognitif lebih baik
Studi US National Institute of Health menemukan bahwa anak-anak yang ditempatkan di daycarememiliki kualitas yang lebih baik dalam prestasi akademis dan kognitifnya, karena lebih banyak mendapatkan stimulasi. Para ahli juga mengatakan, lebih kecil risiko mereka untuk menjadi anak nakal saat beranjak remaja.

Kesehatan lebih baik
Sebuah studi dalam jurnalJAMA Pediatrics menyebutkan, anak-anak yang menghabiskan waktu di daycare pada usia 2 tahun memiliki sistem imun yang lebih kuat, sehingga lebih jarang sakit daripada anak-anak yang dirawat di rumah.

Meredam kekecewaan
Anak yang dititipkan di daycare  cenderung lebih mandiri dan tidak sesensitif anak yang ditinggalkan di rumah. Ia tidak akan ingat kapan dan seberapa sering Anda meninggalkannya di tempat penitipan anak, sehingga mengurangi kerewelan.

Lebih mandiri
Anak yang dititipkan di daycareakan menghabiskan hari-harinya dengan banyak kegiatan bersama anak-anak lain. Hal itu bisa membuatnya lebih mandiri dan membantu mencegah anak Anda terlalu ‘lengket’ pada Anda.

Mengajarkan rutinitas
Daycaresangat baik untuk mengajarkan rutinitas bagi anak. Selain mendapatkan rutinitas untuk tidur siang, Si Kecil juga akan mendapatkan pelatihan tentang potty training.

Belum Ada Berita Terkait