Ditemukan 3 Planet Seukuran Bumi Teleskop Trappist [ESO]

Ditemukan 3 Planet Seukuran Bumi

PinkKorset.com, Florida – Tim astronomi asal Belgia kabarnya menemukan tiga planet seukuran Bumi. Adakah kehidupan seperti Bumi di planet-planet tersebut?

Perjuangan astronom mencari planet lain serupa Bumi masih terus berlanjut. Kini, ada temuan yang tak jauh dari Bumi. Tepatnya, tak sampai 40 tahun cahaya. Ini pertama kalinya ditemukan planet-planet mengelilingi bintang yang dingin.

Bintang yang dikelilingi cukup kecil, sehingga astronom bisa mempelajari atmosfer di tiga planet tersebut. Pada akhirnya, mereka hendak mencari tanda-tanda kehidupan.  Bahkan saat ini, mereka sudah mengobservasi permukaannya.

Teleskop Spitzer Space milik badan antariksa Amerika Serikat (NASA) digunakan dalam observasi oleh tim tersebut. Pekan depan, teleskop Hubble Space akan ikut bergabung mencari jejak-jejak kimia kehidupan di luar sistem tata surya kita.

Bintang yang dikeliling tiga planet itu adalah Trappist-1, berasal dari nama teleskop Belgia di Chile yang menemukannya. Ukurannya hampir sebesar Jupiter dan terletak di jajaran rasi bintang Aquarius.

Astronom di University of Liege, Belgia, seperti ditulis ilmuwan Michael Gilon dan Emmanuel Jehin, membuat teleskop Trappist untuk mengobservasi 60 bintang kecil dan dingin (ultra-cool dwarf star) terdekat.

“Sistem di sekeliling bintang kecil ini satu-satunya tempat kami bisa mendeteksi kehidupan di eksoplanet seukuran Bumi, dengan teknologi yang ada,” kata Gilon. Tempat itu, katanya tepat untuk mulai mencari kehidupan di luar planet ini.

Sementara pencarian eksoplanet lainnya masih menargetkan bintang yang lebih besar dan terang seperti matahari. Namun sayang, dalam kasus seperti ini seringkali lebih terang ketimbang matahari sehingga meniadakan kehidupan.

Eksoplanet atau planet ekstrasolar adalah planet yang orbitnya mengelilingi sebuah bintang selain matahari. Sejak 1988, telah ditemukan lebih dari dua ribu eksoplanet. Termasuk diantaranya, 511 sistem planet-planet yang telah dikonfirmasi per 20 April 2016.