Doula Bantu Bumil Hadapi Persalinan [tipsmom]

Doula Bantu Bumil Hadapi Persalinan

PinkKorset.com, Jakarta – Seorang doula (baca: du-la) bisa membantu perempuan bersiap menghadapi persalinan. Siapa doula?

Doula adalah seorang profesional terlatih yang menyediakan dukungan fisik dan emosional, serta informasi untuk perempuan hamil, bersalin, dan setelah melahirkan.

Di Indonesia, keberadaannya belum begitu diperhatikan. Mereka sebenarnya penting dalam membantu ibu hamil (bumil) meredakan kekhawatirannya.

Hal pertama yang dilakukan doula adalah pendekatan dan edukasi pada bumil di awal kehamilan. Sehingga, bisa meredam kegelisahan atau perasaan tak menentu.

Irma Syahrifat, seorang doula bersertifikat menyatakan, bumil akan didampingi secara intens jelang masa bersalin. Mereka melakukan kegiatan yang menyenangkan.

“Doula memposisikan diri sebagai sahabat,” kata Irma saat Kelas Edukasi Ibu Hamil & Parenting bersama GabaG Indonesia di Jakarta, Jumat (19/2/2016).

Suami juga akan disertakan. Doula akan memberi masukan pada para lelaki, misalnya untuk melakukan hal ringan untuk menyenangkan hati istri yang sedang hamil.

Termasuk diantara fungsi doula adalah membuat perencanaan persalinan yang dikehendaki bumil serta mendengarkan segala keluh kesahnya.

“Dengan berkomunikasi hati ke hati, jiwa ke jiwa, doula membantu bumil melakukan persalinan secara menyenangkan tanpa ketegangan,” papar Irma yang seorang praktisi hypnobirthing.

Author: Lisna Setiani