Dunia Belum Bebas Polio [acehprov.go.id]

Dunia Belum Bebas Polio

PinkKorset.com – Pekan imunisasi yang identik dengan pemberian vaksin polio gratis menandakan, dunia ini sesungguhnya belum bebas dari penyakit tersebut.

Indonesia sebenarnya telah mendapatkan Sertifikat Bebas Polio dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada 27 maret 2014. Meski begitu, risiko penyebaran polio di Indonesia tetap tinggi selama virus polio liar masih bersikulasi di dunia.

Guna meminimalisir polio ‘impor’, Kementerian Kesehatan RI kembali menggalakkan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio 2016. Langkah ini bagian dari upaya mewujudkan dunia bebas polio pada 2020.

Pekan imunisasi dilakukan secara serentak pada 8-15 Maret 2016 di 32 provinsi dengan lebih dari 300 pos di Indonesia. Kegiatan ini tak memandang status. Semua balita berusia 0-59 bulan yang berjumlah sekitar 23 juta jiwa akan ikut serta.

“Mereka diberikan tetes Tripalen, Oral, Polio buatan Indofarma,” kata Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek saat jumpa pers di Jakarta, (6/3/2016).

Tujuan lain yang hendak dicapai adalah memastikan tingginya tiingkat kekebalan masyarakat terhadap penyakit polio serta memberikan perlindungan secara optimal dan merata pada balita terhadap kemungkinan munculnya kasus polio.