Kunci Atasi Diabetes ala Farah Quinn [asianfoodchannel]

Kunci Atasi Diabetes ala Farah Quinn

PinkKorset.com – Penyakit diabetes bisa menimpa siapa saja, bahkan mereka yang merasa melakukan gaya hidup sehat. Celebrity chef Farah Quinn punya tips mengelola dan menghindari diabetes.

Farah cukup akrab dengan diabetes karena penyakit ini diderita oleh ayahnya, Fauzan Rahim (68). Sang ayah divonis mengidap diabetes saat Farah berusia 15 tahun.

“Saya tidak tahu persis apa penyebabnya. Usia saya ketika itu masih 15 tahun saat ayah divonis mengidap diabetes,” tutur perempuan berusia 35 tahun ini, seperti ia ceritakan kepada Soyjoy.co.id, baru-baru ini.

Sudah dua dekade ayah Farah hidup dengan diabetes melitus tipe dua alias kencing manis. Ia memperhatikan, ukuran minus ayah berubah, sering buang air kecil, dan level energi tak seperti biasanya.

“Ayah terlihat mudah lelah. Padahal beliau ini orang yang aktif rajin olahraga,” ujarnya, saat keluarga mereka belum tahu ayahnya terserang diabetes. Baru kemudian terungkap setelah mereka ke dokter dan kadar gula ayah tinggi.

Sejak dinyatakan terkena diabetes, gaya hidup termasuk pola makan berubah. Kabar baiknya, begitu disebut Farah, adalah diabetes bisa dikendalikan jika gaya hidup diubah ke arah yang lebih sehat.

“Namun jika pola hidup tak diubah, diabetes bisa mengarah ke komplikasi,” ujar Farah yang sudah memiliki satu anak lelaki, Armand Fauzan Quinn.

Ubah Pola Makan

Saat mengetahui sang ayah terkena diabetes, keluarga memutuskan mengubah pola makan, antara lain konsumsi makanan kaya serat, menghindari gula rafinasi, dan juga mengurangi karbohidrat, khususnya karbohidrat sederhana.

Beruntung saat sekolah kuliner Le Cordon Bleu Institute of Culinary Arts in Pittsburgh, Farah banyak belajar tentang nutrisi. “Jadi saya cuku tahu makanan apa saja yang sebaiknya diberikan kepada ayah, apa yang sebaiknya dikurangi,” ujarmya.