Fitur Transit Mudahkan Pengguna Transjakarta

PinkKorset.com, Jakarta – Pengguna bus Transjakarta kini tak perlu berlama-lama di halte untuk menunggu bus datang.

Berkat fitur Transit dari Google Maps, Anda akan mendapatkan informasi mengenai rute, jadwal dan waktu kedatangan bus Transjakarta secara real time.

“Fitur ini merupakan yang pertama di Asia Tenggara dan digunakan di Indonesia,” tutur Director Google Maps, Suren Ruhela di Jakarta, Kamis (21/7/2016).

Fitur ini bisa digunakan jika pengguna telah memperbarui atau meng-upgrade aplikasi Google Maps.

Google Maps Transit sudah tersinkronisasi dengan 12 koridor halte Trans Jakarta yang melayani 68 rute. Tiap harinya sekitar 800 bus Transjakarta dikerahkan untuk memenuhi kebutuhan transportasi sekitar 340 ribu-an warga Ibu Kota.

Penggunaannya cukup mudah. Tinggal ketik tujuan keberangkatan di Google Maps pada ikon warna biru di bagian kanan bawah layar. Lalu pilih ikon Transit (bergambar kereta) untuk mendapatkan informasi rute, nomor koridor bus yang harus ditumpangi.

Pengguna juga dapat melihat jam berapa bus akan sampai dan waktu estimasi perjalanan, seperti harus jalan kaki berapa lama, singgah di mana saja dan tunggu di halte berapa lama.

Jika bus yang akan ditumpangi mengalami delay, fitur Transit secara otomatis akan memberikan informasi waktu kedatangan terbaru. Rute yang memiliki informasi real-time ditandai dengan warna hijau.

Pengguna juga dapat menambah atau mengganti destinasi dengan memilih beberapa tujuan di bagian atas layar. Untuk terus mendapatkan informasi real-time, pengguna harus selalu mengaktifkan data selularnya.

Kedepannya, Google Maps berencana untuk bekerja sama dengan Commuter Line dan membuat fitur serupa.