Gaya Pola Asuh Anak Choky Sitohang [instagram]

Gaya Pola Asuh Anak Choky Sitohang

PinkKorset.com, Jakarta – Presenter dan model Choky Sitohang juga ikut berperan aktif dalam mengasuh anak-anaknya, dengan tiga cara.

Selebritas Choky Sitohang begitu mendalami peran ayah di dalam keluarga. Ia berusaha memahami karakter seorang anak dengan memberikan pola asuh yang tepat. Laki-laki yang sering tampil di layar kaca sebagai presenter ini mengungkap jurus jitu seorang ayah mengasuh anak dengan benar.

“Kalau kiat pola asuh saya Cuma tiga. Persuasive, preposition dan passion,” katanya saat jumpa pers Happy Date with Legendaddy – Happy Winter Land di Jakarta.

Choky menjelaskan, langkah pertama yang perlu diketahui orangtua, khususnya ayah yakni persuasive. Walaupun tidak ada sekolah menjadi orangtua tetapi secara naluri mampu menunjukan kasih sayang melalui bahasa. Menurutnya, bahasa yang diucapkan melalui mulut orangtua dapat ditunjukan kepada anak yang belum bisa berbicara.

“Kata-kata yang diucap orangtua ini seperti punya ruh,” kata ayah dua anak ini. Lebih lanjut, Choky memberikan tips menghadapi anak rewel melalui perkataannya kepada anak. Ia akan mengajarkan anak bersabar dengan memberikan waktu menunggu.

“Misalnya ketika Abigail (anak pertama) rewel karena tidak sabar, saya terapkan count down. Saya meminta anak tunggu beberapa menit dan membiasakan ini hingga anak mengerti,” ujarnya. Meskipun meminta anak bersabar, tetapi orangtua bukan berarti tidak menepati ucapannya.

Kemudian cara kedua yakni preposition. Choky menjelaskan, langkah ini mengharuskan orangtua peka terhadap keinginan anak. Bila tidak sesuai yang diharapkan, orangtua harus mampu mengalihkan perhatian anak ke titik lain.

Kedua cara ini tak akan lengkap bila tidak disempurnakan dengan passion. Menurut Choky, sesulit apapun mengasuh anak bila tidak memiliki passion sebagai orangtua maka akan terasa berat. “Harus punya passion agar memiliki kesabaran. Kalau anak rewel, ya sudah. Namanya juga anak-anak,” pungkasnya.