Ilmuwan Temukan Polymer Super [google]

Ilmuwan Temukan Polymer Super

PinkKorset.com – Para ahli dari University Rochester berhasil menciptakan tipe baru polymer super yang menahan bobot hingga seribu kali lipat. Wow!

Temuan yang akan berguna untuk bidang kesehatan dan tekstil ini dicapai tim kimia yang dipimpin Profesor Mitch Anthamatten, ilmuwan kimia di University Rochester, New York, Amerika Serikat (AS).

Dalam keterangan resmonya, pihak kampus mengungkapkan material ini bisa diprogram untuk mendapatkan bentuk sementara hingga dipicu dengan panas untuk kembali ke bentuk aslinya.

“Memicu suhu adalah bagian lain dari penemuan ini. Kami juga menciptakan materal ini untuk energi elastis, sehingga bisa memungkinkan melakukan lebih banyak pekerjaan mekanik pada saat mengembalikan bentuk aslinya,” ujar Anthamatten.

Bahan material ini bisa digunakan untuk jahitan medis, kulit buatan, dan pakaian olahraga. Anthamatten menambahkan, bahan polymer ini juga bisa menjadi semacam karet gelang yang dapat mengunci dirinya menjadi bentuk baru ketika dibentangkan.

“Sedikit sentuhan dapat membuat material ini kembali ke bentuk aslinya,” ujarnya. Para ilmuwan masih meneliti bagaimana untuk mengontrol kristalisasi yang terjadi ketika bahan didinginkan atau diregangkan.