Industri Makanan dan Minuman 2017 Tetap Cerah [anbglobal]

Industri Makanan dan Minuman 2017 Tetap Cerah

PinkKorset.com, Jakarta – Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia prediksi pertumbuhan industri makanan dan minuman minimal 8,5% pada 2017.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI) Adhi S. Lukman memperkirakan pertumbuhan industri makanan dan minuman 2017 tidak berbeda jauh seperti tahun ini.

“Minimal sama dengan tahun ini sekitar 8,5%,” ucapnya saat acara Diskusi Akhir Tahun YLKI di Jakarta, Kamis (29/12/2016).

Adhi optimis dengan angka pertumbuhan tersebut karena beberapa hal. Ia menjelaskan, faktor utama yang memengaruhi yakni peningkatan konsumsi karena pertumbuhan penduduk, beberapa industri mulai garap pasar ASEAN, harga komoditas stabil dan tren industri makanan dan minuman terus meningkat.

“Investasi industri makanan dan minuman kuartal III 2016 lebih tinggi daripada 2015,” katanya.

Pertumbuhan industri ini tetap cerah, sambung Adhi, bila situasi normal, tidak ada gejolak dan peraturan yang memberatkan. Misalnya saja pengenaan bea masuk anti dumping, kewajiban sertifikasi produk halal, kewajiban pengelolaan sampah kemasan makanan dan minuman serta penarikan cukai kemasan plastik.