Jakarta One Permudah Kredit UKM [kompas]

Jakarta One Permudah Kredit UKM

PinkKorset.com, Jakarta – Pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Jakarta, kini akan lebih mudah memeroleh bantuan kredit, berkat kartu jumbo bernama Jakarta One.

Ya. Kartu multifungsi yang diluncurkan Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan Bank DKI tersebut akan mempermudah pelaku UKM mendapat dana kredit.

Selama ini, Pemprov DKI Jakarta kesulitan menyalurkan dana kredit kepada pelaku UKM karena tidak mengenal orang yang mengajukan kredit tersebut.

“Kami kesulitan menyalurkan kredit karena tidak kenal siapa mereka, perilakunya. Tapi kalau udah ada kartu Jakarta One, kami bisa dengan udah memberikan pinjaman usaha,” ujar Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Jakarta, 2 Juni 2016.

Menurut Ahok, saat menyetor ke bank, penghasilan dan kas si pemilik dapat dikenali dengan pasti. Hal ini akan memudahkan pemerintah mengumpulkan data pelaku UKM.

Pihaknya pun bisa dengan mudah menyalurkan kredit usaha rakyat. “Kami sebagai pejabat kalau ingin membantu, tentu harus tahu terlebih dahulu perilaku masyarakat,”pungkasnya.