Karies Hantui Gigi Anak [defactodentists]

Karies Hantui Gigi Anak

PinkKorset.com, Jakarta – Karies menjadi salah satu masalah gigi dan mulut paling banyak menyerang penduduk Indonesia di atas umur 12 tahun.

Penyakit gigi dan mulut merupakan permasalahan paling umum yang dialami masyarakat. Misalnya saja gigi sensitif dan karies gigi. Direktur Health Care Market Center PT 3M Indonesia Dwi Dessy Mediana mengatakan, sebanyak 53% penduduk Indonesia usia 12 tahun ke atas mengalami karies gigi dan 43% terkena gigi sensitif.

“Oleh karena itu, perlu adanya tindakan pencegahan masalah gigi dan mulut sejak anak-anak,” ucapnya saat acara 2.000 Senyum dengan 3M Clinpro White Varnish di Jakarta, Selasa (1/11/2016).

Hal ini menjadi penting mengingat umumnya anak usia SD (6-12 tahun) mulai mengalami transformasi gigi sulung menjadi gigi permanen. Langkah ini merupakan upaya memotong rantai masalah karies agar prevalensi menurun. Sehingga tercapai program Kementerian Kesehatan, Indonesia Bebas Karies 2030.

Sebagai bentuk tindakan preventif dan promotif, PT 3M Indonesia gelar Pemeriksaan Karies Gigi dan Aplikasi Fluoride Topical kepada 2.000 siswa dari 85 SD di Batu, Jawa Timur pada 28-29 Oktober 2016 yang lalu.

Jawa Timur menjadi lokasi tujuan kegiatan acara karena tergolong salah satu dari 14 provinsi dengan prevalensi karies tinggi di Indonesia. Data Riskesdas 2013 melansir, sebanyak 28,6% masalah gigi dan mulut terjadi di Jawa Timur. Sementara Kota Batu menempati peringkat tertinggi (70%) prevalensi karies di Jawa Timur.

Kegiatan ini juga dicetak dalam Museum Rekor-Dunia Indoneisa (MURI), mencetak rekor kategori Pemeriksaan Karies Gigi dan Aplikasi Fluoride Topical Kepada Siswa Terbanyak.