Kartini Modern di Mata Miss Indonesia 2015 [instagram]

Kartini Modern di Mata Miss Indonesia 2015

PinkKorset.com, Jakarta –  Perempuan di jaman modern sudah cukup maju dibandingkan era Kartini. Namun, tuntutan yang dihadapi juga bertambah kompleks.

Miss Indonesia 2015 Maria Harfanti melihat perempuan saat ini sudah sangat maju. Tidak hanya berperan ganda sebagai ibu rumah tangga sekaligus perempuan karier. Namun kaum hawa juga berperan aktif hampir di semua bidang, yang semula hanya didominasi laki-laki.

Dengan tuntutan dan tantangan yang bertambah besar, Maria berharap perempuan tetap menjadi sosok yang aktif dan mampu membawa perubahan positif dalam masyarakat. Hal ini sesuai dengan sosok pejuang perempuan di Indonesia, RA Kartini.

“Kartini adalah pejuang hak-hak perempuan. Beliau adalah sosok inspiratif yang patut ditiru semangat juangnya,” katanya di Jakarta baru-baru ini.

Misalkan saja mengenai peran ganda perempuan sebagai ibu rumah tangga dan perempuan karir, yang dinilainya lumrah dilakukan di jaman modern ini. Kendati demikian, ada satu hal yang harus tetap diingat.

“Perempuan tersebut tidak melupakan kodrat sebagai seorang ibu bagi anak dan keluarga. Ketika berkeluarga harus utamakan keluarga, bertanggungjawab kepada suami dan perkembangan anak,” katanya lagi.

Saat menjalani peran sebagai perempuan karir, masalah lain kerap muncul. Yakni ketika pendapatan istri lebih besar ketimbang suami. Perselisihan suami-istri pun tak terelakkan.

Bila mengalami hal ini, Maria menyarankan para perempuan tidak besar kepala dan tetap berpikir positif. Menurutnya, sebuah sukses tidak datang dari diri sendiri tetapi dari orang-orang sekitar. “Kesuksesan datang dari dukungan banyak orang, sehingga kita harus tetap rendah hati,” pungkasnya.