Keajaiban Kolostrum untuk Bayi [vitaminsestore]

Keajaiban Kolostrum untuk Bayi

PinkKorset.com, Jakarta – Kolostrum mengandung antibodi dan zat penting lainnya serta tidak ada di susu formula. Sebab itulah, hal ini amat penting.

Kolostrum adalah cairan pertama air susu ibu (ASI) pertama. Cairan kental dan kekuningan ini sangat diperlukan bayi sebagai bekal kesehatannya.

Dokter Spesialis Kesehatan Anak Siloam Hospitals Kebon Jeruk (SHKJ), dr. Naomi Esthernita F. Dewanto, SpA(K) mengatakan, kolostrum memberikan perlindungan kesehatan tubuh pada bayi baru lahir.

Cairan ini meningkatkan kekebalan tubuh, melawan infeksi dan meningkatkan pematangan saluran pencernaan.

“Juga menurunkan kejadian dan keparahan infeksi nosokomial, intoleransi minum peroral dan necrotizing enterocolitis,” katanya saat seminar media, baru-baru ini.

Kolostrum mengandung tiga komponen yang tak terdapat dalam susu formula. Diantaranya nutrisi (energi, vitamin, protein, mineral, lemak dan karbohidrat), imun (lactoferin, albumin, IgA, IgG, dll) dan pertumbuhan (PDGF, EGF, IGF1, IGF1, dll).

Bahkan, Tuhan pun adil memberikan komponen-komponen kolostrum pada bayi lahir sakit. “Uniknya, makin prematur bayi, kadar zat tersebut semakin tinggi,” kata Pimpinan Neonatal Intensive Care Unit SHKJ.

Pada bayi dengan kondisi normal, kolostrum yang dihasilkan ibu rata-rata 5-10 hari. Sementara pada bayi dengan lahir lemah, ketersediaan kolostrum lebih lama lagi.