Kehamilan Ini Berisiko Anak Autis [winhd]

Kehamilan Ini Berisiko Anak Autis

PinkKorset.com – Benarkah mengandung saat kondisi tubuh Anda seperti ini berisiko melahirkan anak autis?

Menurut sebuah studi yang dilakukan belum lama ini di Amerika Serikat (AS), ibu yang obesitas memiliki tingkat risiko dua kali lipat melahirkan bayi autis dibandingkan ibu dengan berat badan normal.

Studi yang dilansir dalam jurnal Pediatrics ini menambahkan, ibu yang memiliki kelebihan berat badan dan memiliki riwayat diabetes memilki resiko empat kali lipat melahirkan anak autis.

Salah satu peneliti senior dari Universitas Johns Hopkins University di Baltimore, AS, yang ikut melakukan studi ini, Dr. Xiaobin Wang mengungkapkan, risiko absolutnya memang masih relatif rendah.

“Namun pada pribadi, keluarga dan masyarakat memiliki dampak yang sangat besar,” katanya, menghubungkan studi ini dengan tingkat gangguan spektrum autisme (ASD).

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), sekitar satu dari setiap 68 anak memiliki ASD yang meliputi autisme serta sindrom Asperger dan gangguan perkembangan pervasif lain.

Temuan ini penting karena lebih dari sepertiga perempuan usia subur mengalami obesitas. Sekitar satu dari 10 menderita diabetes dan diperkirakan 10% perempuan mengalami diabetes selama kehamilan.

Seringkali, kondisi ini dapat diatasi sebelum kehamilan. Studi ini diharapkan bisa memotivasi perempuan untuk mencapai berat badan ideal dan sehat, serta mengontrol diabetes selama masa mengandung.