Kenali Macam Investasi Emas [sify]

Kenali Macam Investasi Emas

PinkKorset.com – Sebelum menanamkan uang pada emas, tahukah Anda jenis-jenis investasi emas?

Emas merupakan sarana investasi yang sangat menjanjikan karena harganya cenderung naik mengikuti nilai mata uang asing (dolar Amerika Serikat) dan aman terhadap inflasi.

Namun, investasi emas tidak hanya berupa emas batangan dan emas perhiasan.  Ada banyak jenis investasi emas yang bisa Anda pilih. Apa saja?

Emas Batangan

Emas batangan atau emas logam mulia menjadi pilihan investasi emas paling baik dan paling aman. Emas jenis ini lebih mudah diperdagangkan. Bahkan, Anda bisa mendapat keuntungan dalam jangka pendek bila harga emas sedang menguat.

Investasi emas batangan juga lebih terjamin karena memiliki sertifikat keaslian dengan informasi nomor id, berat, ukuran dan tingkat kadar emasnya. Logam mulia yang umumnya diterima di pasar Indonesia adalah logam mulia PT. Aneka Tambang,Tbk. dengan berat 1, 2, 2.5, 3, 5, 10, 25, 50, 100, 250, 1000 gram dan kadar emas 999.9%.

Emas Perhiasan

Investasi emas dalam bentuk perhiasan akan lebih menguntungkan jika dilakukan untuk jangka panjang, bila harganya sudah naik berkali-kali lipat. Anda pun sebaiknya memilih emas 24 karat karena kemungkinan keuntungannya akan jauh lebih besar.

Untuk jangka pendek, emas perhiasan kurang tepat dijadikan investasi, karena tidak terlalu menjanjikan. Pasalnya, ketika membeli emas perhiasan, Anda membayar harga emas dan ongkos pembuatannya. Sementara saat menjualnya kembali, toko emas hanya membayar harga emasnya saja.

Koin Emas

Koin emas atau koin emas ONH (Ongkos Naik Haji) adalah investasi bagi Anda yang ingin memiliki tabungan untuk mempersiapkan ibadah haji. Jadi, ini adalah pilihan investasi untuk jangka panjang.

Sertifikat Emas

Investasi emas bisa juga berbentuk sertifikat emas, yakni selembar kertas yang menjadi bukti kepemilikan atas emas yang tersimpan di bank suatu negara. Sertifikat emas adalah alternatif investasi yang menguntungkan dan aman karena Anda tidak perlu mengeluarkan biaya penyimpanan emas. Berbeda dengan investasi emas fisik yang memerlukan safe deposit box di bank.

Kontrak Emas Berjangka

Mirip dengan sertifikat emas, pada kontrak emas berjangka, Anda tidak perlu menyimpan emas fisik, hanya perlu memiliki bukti administrasi kepemilikan. Dengan bantuan teknologi informasi dan komunikasi, emas dapat diperjualbelikan sebagai komoditas di pasar perdagangan berjangka (futures trading).

DS/MLM Emas

Investasi emas dapat dilakukan melalui jaringan perusahaan “penjualan langsung” (direct selling/DS) dan “penjualan berjenjang” (multilevel marketing/MLM). Sayangnya, di Indonesia kebanyakan perusahaan yang mempraktikkan cara tersebut tergolong perusahaan DS/MLM palsu yang menggunakan modus penggandaan uang.

Reksa Dana Emas

Reksa Dana Emas merupakan alternatif investasi emas di mana Anda tetap dapat memetik keuntungan tanpa harus menyimpan emas fisik. Reksa Dana Emas tidak hanya ditanamkan pada perdagangan emas fisik, namun juga dilibatkan dalam transaksi saham perusahaan pertambangan emas.

ETF Emas

Exchande Trade Fund (ETF) merupakan jenis reksa dana yang sahamnya dapat diperdagangkan di bursa efek (pasar modal). ETF sejatinya sama dengan reksa dana, tetapi ETF memiliki sedikit perbedaan di mana transaksi jual beli ETF dengan reksa dana berbasis emas melalui lantai bursa.

Saham Perusahaan Pertambangan Emas

Investasi emas juga bisa dilakukan pada saham perusahaan tambang emas. Jika pasar emas sedang bagus, harga sahamnya akan ikut naik, bahkan lebih cepat daripada harga emas fisik. Meski menguntungkan, investasi di saham besar risikonya.

Dinar Emas

Dinar Emas cocok dijadikan sarana investasi karena tahan terhadap inflasi sehingga nilai intrinsiknya tidak menyusut. Di Indonesia, Dinar Emas diproduksi UBPP Logam Mulia PT Aneka Tambang yang telah memiliki kualitas standar internasional dan telah disertifikasi LBMA.

Emas Kuno

Umumnya, emas kuno berbentuk koin yang telah berumur ratusan hingga ribuan tahun. Emas kuno memiliki harga jual tinggi karena memiliki nilai sejarah sehingga sangat baik jika dijadikan koleksi dan sarana investasi.

Emas Lokal

Emas lokal merupakan emas yang proses pemurniannya dilakukan oleh industri-industri kecil atau industri rumah tangga di suatu daerah. Karena itu, harga emas lokal di masing-masing daerah tidak sama, bergantung pada tingkat kemurniannya.