Kiat Berbisnis Makanan bagi Pemula [startups]

Kiat Berbisnis Makanan bagi Pemula

PinkKorset.com, Jakarta – Berbisnis makanan memang tidak mudah. Namun, bukan berarti tidak bisa dilakukan.

Praktisi Kuliner Yeni Ismayani mengatakan, sebelum memulai bisnis, pilihlah produk yang Anda sudah kenal dan bahan bakunya mudah diperoleh. “Dimulai dari sesuatu yang simpel, mudah didapat dan teknik membuatnya tidak rumit,” katanya di Jakarta, Selasa (12/4/2016).

Bila ingin berbisnis makanan, semua jenis makanan pada dasarnya dapat dijadikan produk usaha. Tapi, makanan tersebut sebaiknya dapat dikreasikan menjadi sesuatu yang baru atau berbeda.

Selain itu, kualitas rasa adalah hal utama yang wajib dipenuhi. Pasalnya, orang dapat mengenal produk melalui kualitas. “Kalau makanannya enak, dimana pun orang bakal cari,” katanya lagi.

Menurut Yeni, penampilan makanan juga salah satu faktor penentu konsumen membeli. Ini sebabnya jangan pernah membuat sesuatu yang sama dari produk yang sudah ada. “Jangan pula menjadi follower apabila orang yang ditiru tidak hebat. Posisikan diri kita berbeda. Itu kunci bisnis bagi pemula,” ujarnya.

Penulis resep, konsultan sekaligus food stylist ini mengatakan, perhitungan keuangan dalam berbisnis juga tak kalah penting.

Baginya, rumus termudah perhitungan keuangan adalah menjumlah seluruh biaya bahan, listrik, gas, dan penyusutan alat. Selanjutnya menentukan berapa persen keuntungan yang ingin diperoleh. Lalu, dikalikan dan dibagkan hasilnya, itulah harga jualnya. “Jual minimal 2 kali lipat dari biaya bahan,” katanya.

Sementara sisi marketing dapat dilakukan dari orang-orang terdekat, seperti saudara maupun teman-teman. Tak hanya itu, booming media sosial saat ini juga dapat dimanfaatkan sebagai ajang promosi yang murah meriah.