Kiat Tepat Gunakan Masker Wajah [vogue]

Kiat Tepat Gunakan Masker Wajah

PinkKorset.com, Jakarta – Masker wajah digunakan untuk menyegarkan maupun mengencangkan kulit. Tapi, keliru mengaplikasinya bisa mengurangi manfaat.

Umumnya masker wajah dibedakan menjadi masker oles dan masker kertas atau kain. Masker oles memang konvensional dan membutuhkan upaya lebih untuk meratakannya di beberapa area wajah. Kendati demikian, Anda dapat menjangkau ke seluruh wajah yang dikehendaki.

Training Manager The Body Shop Indonesia Ilya Kamelia mengatakan, masker merupakan bentuk perawatan wajah selain scrubing yang rutin dilakukan tiap pekan. “Biasanya dua kali sepekan cukup,” katanya usai acara peluncuran Superfood Masks The Body Shop di Jakarta, Selasa (7/9/2016).

Sebelum memilih masker, kenali dulu kebutuhan kulit Anda. Menurut Ilya, masyarakat perkotaan umumnya menghadapi lima masalah kulit, yakni kusam, kering, kurang nutrisi, kendur dan kurang ‘bercahaya’. Kulit wajah pun memiliki masalah yang berbeda-beda. “Misalkan bagian t-zone yang berminyak, pipi yang cenderung lebih kering dan dagu serta rahang yang lebih kusam,”ujarnya.

Masker pun sebaiknya dipulaskan setelah area wajah dan leher dibersihkan dengan pembersih wajah maupun make up removal/cleanser.

masker,-tanganIlya menyarankan meletakkan bahan masker di wadah atau punggung tangan. Hindari meletakkan bahan masker di telapak tangan karena area tangan cenderung lebih kotor. Memulas masker juga sebaiknya melawan gravitasi atau mengarah ke atas. Tujuannya agar kulit tidak mudah turun atau kendur. “Tetapi pada area berbulu sebaiknya mengikuti arah tumbuh bulu agar kulit terpulas masker sempurna.”

Bagian leher, lanjutnya,  juga perlu dipulas masker. Menurutnya, bagian leher seringkali dilupakan. Padahal bagian tersebut paling mudah kusam karena penumpukan sel kulit mati dan  kotoran. Memulas masker di area leher dapat mengurangi tumpukan kotoran dan sel kulit mati. Sehingga kulit kecerahan wajah dan leher selaras.

Setelah mendiamkan selama 5-10 menit, basuh wajah Anda dengan air maupun dilap dengan handuk basah hangat.

Ilya menambahkan, untuk menjaga kesehatan kulit wajah perawatan mingguan ini perlu diimbangi dengan perawatan harian. Perawatan wajah harian meliputi penggunaan cleanser, toner dan moisturizer.