Kim Kardashian Pun Berjuang Lawan Penyakit [getty/yahoo]

Kim Kardashian Pun Berjuang Lawan Penyakit

PinkKorset.com, Jakarta – Meskipun kehidupan yang ia tampilkan membuat banyak orang iri, Kim Kardashian tak sesempurna kelihatannya.

Psoriasis adalah penyakit kronis yang menyerang kulit. Penyakit autoimun ini ditandari sisi berlapis yang berwarna keperakan, disertai penebalan warna kemerahan, dan rasa gatal atau perih.

Dalam website-nya, Kim mengisahkan seperti apa rasanya mengidap psoriasis. Saat sedang parah, kata Kim, terdapat banyak bercak merah di kulitnya dan terlihat terutama di kaki kanannya.

Kim menyebutnya sebagai ‘kekurangan besar’, namun tak merasa perlu menyembunyikan kondisi tersebut. “Saya tak lagi berusaha menutupinya. Kadang terasa seperti kekurangan, tapi semua orang tahu. Buat apa ditutupi?”

kim-kardashian-psoriosis

Istri musisi Kanye West ini didiagnosa psoriasis pada 2010. Saat ini masih belum ada obat untuk kondisi tersebut. Tingkat keparahannya bervariasi pada setiap orang. Kondisi ini juga keturunan, yang pada Kim ia peroleh dari ibunya.

Ibunda Nori dan Saint ini berkata, ia belajar menerima kondisi tersebut. Ia mengatasinya dengan suntikan kortison dan mengubah pola diet. “Setiap orang punya gejala psoriasis yang berbeda,” tulisnya, berharap obatnya segera diciptakan.

Orang dengan psoriasis mengalami produksi sel kulit berlebih. Tumpukan sel ini menyebabkan sisik kemerahan. Psoriasis tak menular dan dokter kadang bisa mendiagnosanya hanya dengan melihat kulit Anda.