Koleksi Swatantra dari Iwan Tirta [PinkKorset]

Koleksi Swatantra dari Iwan Tirta

PinkKorset.com, Jakarta – Iwan Tirta Private Collection menampilkan koleksi terbaru untuk kaum adam dalam gelaran Plaza Indonesia Men’s Fashion Week (MFW) 2016.

Dengan tema Swatantra, koleksi ini menghadirkan komposisi istimewa pada motif Nitik atau dikenal sebagai Jlamprang.

Nitik diyakini sebagai motif tertua yang diadaptasi dari patola India. Disebut Nitik karena motifnya terdiri atas kumpulan titik yang membutuhkan kesabaran dan ketekunan yang luar biasa saat proses pembuatannya.

Swatantra sendiri memiliki makna tentang konsep kemandiran sebuah bangsa. Serta mengandung makna bahwa jika terdapat jalinan hubungan erat antara, manusia, alam dan Tuhan yang berkesinambungan dan kuat.

Sekitar 24 koleksi istimewa yang ditampilkan Iwan Tirta Collection dengan teknik batik tulis. Tidak hanya itu, koleksi tersebut juga lebih didominasi oleh kemeja lengan panjang, lengan pendek, setelan suit, hingga kain sarung untuk bawahan dan blazer yang mewakili karakternya.

“Iwan Tirta Private Collection pada ajang Mens Fashion Week tahun ini menampilkan tema Swantantra yang memiliki falsafah dari motif tertua yang diadaptasi dari patola India. Ada 26 koleksi yang dihadirkan,” ujar Era Soekamto, Creative Director dari Iwan Tirta di Plaza Indonesia, Jumat (23/9/2016).

Pada show kali ini, Swatantra ini terbagi menjadi dua sekuens. Pertama, mengenakan motif Nitik atau Jlamprang dalam pola geometris dengan kompisisi warna merah-putih dan hitam-putih.

Sekuens kedua, koleksi yang didominasi nuansa putih sogan emas bergaya klasik dalam beberapa pilihan motif khas Iwan Tirta. Motif batik sederhana diimplementasikan ke dalam desain yang berkarakter.