Tiongkok Punya Komputer Terkuat [abcnews]

Tiongkok Punya Komputer Terkuat

PinkKorset.com – Komputer super dari Tiongkok ini menguasai jajaran supercomputer kelas dunia. Seperti apa?

Komputer super 93 petaflop Sunway TaihulLight in dipasang di National Supercomputing Centre, Wuxi. Di puncak performanya, komputer ini bisa melakukan sekitar 93 ribu triliun kalkulasi per detik.

Artinya, dua kali lebih cepat dan tiga kali lebih efisien ketimbang pendahulunya, Tianhe-2, juga dari negara itu. Komputer super ini ditujukan untuk manufaktur canggih, ramalan cuaca, dan analisa data besar.

Inti prosesor lebih dari 10,5 juta dai dibuat lokal. Selain 40.960 nodes dan beroperasi pada sistem Linux. Ini pertama kalinya Tiongkok menyalip Amerika Serikat dengan 167 komputer super di daftar 500 besar. AS hanya 165.

“Sepuluh tahun lalu, Tiongkok hanya punya 28 sistem di daftar itu dan tak ada yang masuk 30 besar. Tiongkok melangkah lebih jauh dan lebih cepat dibanding negara lain dalam sejarah supercomputing,” demikian rilis Top500.org.

Posisi 10 besar pada daftar yang dipublikasi dua kali setahun ini adalah mesin-mesin dari Jepang, Swiss, Jerman, dan Arab Saudi. Kemampuan menciptakan komputer super seringkali dikaitkan dengan kecanggihan industri sebuah negara.