Kuliner Indonesia Berpotensi Mendunia [Pinkkorset]

Kuliner Indonesia Berpotensi Mendunia

PinkKorset.com, Jakarta – Kuliner Indonesia dinilai istimewa dan mampu bersaing di mancanegara. 

Pakar Kuliner Indonesia Sisca Soewitomo menilai Indonesia memiliki kekayaan kuliner luar biasa. Setiap daerah memiliki aneka makanan maupun minuman yang berbeda dan berciri khas.

“Makanan Indonesia itu istimewa. Kita enggak perlu takut memperkenalkan kuliner Indonesia,” ujarnya kepada PinkKorset.com di Jakarta, Kamis (11/8/2016).

Menurutnya, tidak ada batasan promosi kuliner karena semua makanan Indonesia bisa diterima lidah masyarakat dunia. Apalagi banyak wisatawan mancanegara makan makanan Indonesia di kaki lima.

“Asalkan makanan yang disajikan higienis, ditampilkan nilai nutrisi, penampilan menggoda dan dipromosikan,” ucap perempuan kelahiran Surabaya, 8 April 1949.

Agar mampu bersaing dengan kuliner asing maka perlu membesarkan makanan Indonesia melalui sebuah merek restoran. Selama ini kuliner Indonesia belum menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Terbukti dengaan dominasi nama-nama restoran asing di pusat perbelanjaan.

Menurut Sisca, kelemahan ini terkendala pada permodalan para pengusaha kuliner. Ia berharap pemerintah turun tangan memerhatikan masalah ini.

“Pemerintah perlu memberikan modal, pelatihan dan pengawasan kepada para pengusaha kuliner lokal untuk mencapai standarisasi mutu,” katanya.

Hal ini penting untuk membentuk sebuah merek besar, sehingga mampu mendirikan cabang maupun waralaba di luar negeri. Dukungan pemerintah juga harus berpihak warga negara Indonesia yang memiliki usaha kuliner di luar negeri.

Perempuan yang sering membawakan acara demo masak di beberapa stasiun televisi swasta ini melihat pasar penikmat kuliner Indonesia di luar negeri tetap ada. “Setidaknya banyak orang-orang Indonesia yang bekerja maupun kuliah di luar negeri,” tutupnya.