Latih Anak Beli Jajanan Aman [bisnis]

Latih Anak Beli Jajanan Aman

PinkKorset.com, Jakarta – Tidak mudah memang mengontrol jajanan yang dibeli buah hati Anda. Inilah pentingnya mengedukasi anak mengenai jajan sehat dan aman.

Direktur Surveilan dan Penyuluhan Keamanan Pangan BPOM, Drs. Halim Nababan, MM menuturkan, ada pedoman lima kunci keamanan pangan untuk anak sekolah.

Lima kunci tersebut adalah mengenali pangan yang aman, membeli pangan yang aman, membaca label dengan seksama, menjaga kebersihan dan mencatat apa yang ditemui.

“Dari segi penampakan, anak tahu kalau makanan warnanya merah atau pink cocok sama bajunya ya jangan dibeli,” ungkapnya dalam acara Gerakan Pangan Aman Bersama Danone di SDN 01 Karet Kuningan, Jakarta, Rabu (9/11/2016).

Menurutnya, setelah anak tahu, beri satu cara bagaimana untuk memutuskan. Kemudian edukasi anak untuk melihat petunjuk bagi makanan berlabel.

Beritahu juga mengenai kebersihan tangan sebelum makan,  kebersihan peralatan makan dan minta anak mencatat apa yang ditemuinya untuk dikomunikasikan pada BPOM.

Anda juga dapat melatih anak-anak menjadi inspektur lingkungan dengan membekali pengetahuan praktis.

Salah satu pengetahuan yang dapat dibekali adalah tidak membeli makanan dari penjual yang menaruh lap di bahu, karena cenderung digunakan untuk membersihkan wajahnya sebelum wadah yang dia jual. Selain itu, tidak membeli dari pedagang yang berjualan di dekat penjual knalpot karena dapat tercemar metal.

Melalui kegiatan gerakan pangan aman bersama Danone dan BPOM ini, diharapkan adanya peningkatan pemahaman dan perubahan perilaku anak, orang tua serta masyarakat di lingkungan sekolah dalam memilih jajanan.