Lima Gerakan Sederhana Bantu Persalinan [gym ball]

Lima Gerakan Sederhana Bantu Persalinan

PinkKorset.com – Bersiap menjelang persalinan tak sesulit yang dibayangkan. Ada sejumlah gerakan sederhana yang bisa Anda lakukan untuk melancarkan persalinan.

Saat bersalin, serviks akan mengalami proses pembukaan dan menipis. Sementara janin bergerak turun ke jalan lahir. Di masa ini, ibu hamil (bumil) wajib mempersiapkan diri agar tetap bisa menggerakkan tubuhnya secara aktif.

Irma Syahrifat dari Nujuh Bulan, pusat edukasi kelahiran menyarankan, bumil yang memasuki masa persalinan atau pembukaan tahap satu melakukan gerakan yang dapat membantu melancarkan prosesnya.

Berikut lima gerakan sederhana yang bisa dilakukan, sebagaimana presentasi yang disampaikan Irma dalam Kelas Edukasi Ibu Hamil & Parenting bersama GabaG Indonesia di Jakarta, akhir pekan lalu.

Berdiri

Bumil dapat melakukan gerakan berjalan, naik-turun tangga, bersandar pada dinding atau suami. Gerakan ini akan membantu panggul cepat terbuka lebar.

Duduk

Selain berjalan, ada baiknya melakukan gerakan duduk di atas gymball, duduk di toilet atau duduk bersandar pada suami. Dengan syarat, kedua kaki harus terbuka lebar.

Berlutut

Dengan menggunakan gymball atau menumpuk bantal di atas kursi, bumil bisa bersandar di atasnya.

Jongkok

Untuk gerakan ini, bumil bisa melakukan jongkok sendiri atau sambil bersandar pada suami. Tentunya kaki harus tetap terbuka lebar.

Berbaring

Berbaring ke arah kiri lebih baik karena dapat membantu kepala bayi untuk cepat turun. Posisi kaki harus tetap terbuka. Suami bisa membantu mengangkat dan menahan salah satu kaki istri saat melakukan gerakan ini.