Lokasi Selam Menawan di Indonesia [indonesiatravel]

Lokasi Selam Menawan di Indonesia

PinkKorset.com, Jakarta – Indonesia sebagai negara kepulauan menyimpan segudang keindahan taman bawah laut.

Sebagai bangsa Indonesia sudah seyogianya bersyukur dengan limpahan biota laut yang membentuk taman bawah laut nan indah. Anda dapat menikmati keindahan tersebut dengan menyelam di sepuluh titik lokasi ini.

Karimunjawa – Jawa Tengah

Siapa bilang di Pulau Jawa tidak memiliki pemandangan bawah laut yang indah. Tengok saja Kepulauan Karimunjawa yang berlokasi di Kabupaten Jepara, Jawa tengah. Terdapat 30 lokasi penyelaman di wilayah ini. Dengan kedalaman 5 – 40 meter dan jarak pandang 5 – 25 meter Anda bisa menyaksikan pesona bawah laut seperti terumbu karang cantik, ikan napoleon, penyu sisik, penyu hijau dan lebih dari 200 spesies ikan hias.

Derawan – Kalimantan Timur

Derawan merupakan gugusan kepulauan berjumlah 31 pulau yang berlokasi di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Beberapa pulau yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya yakni Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki dan Kakaban. Salah satu spot menarik yakni terumbu karang yang terendam sebagian air laut, Atol di Kakaban. Terumbu karang ini membentuk danau air asin lengkap dengan empat jenis ubur-ubur yang tidak menyengat. Masih ada 28 titik selam seru di Kepulauan Derawan ini.

Tulamben – Bali

Lokasi selam ini berada di Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali. Daerah ini terkenal dengan taman bawah laut yang terbentuk dari kapal angkut tentara AS, USAT Liberty yang karam pada 1942 silam. Lokasi selam ini dapat ditempuh 25 meter dari bibir pantai dengan kedalaman 5 – 30 meter. Ikan warna-warni begitu memanjakan mata Anda.

Pulau Komodo – NTT

Ya. salah satu Taman Nasional Indonesia ini tidak sekadar menyuguhkan hewan langka komodo tetapi juga panorama bawah laut indah bak surga. Lokasi selam terbaik terdapat di Pantai Merah, Batu Bolog, tatawa Besar, Batu Tiga dan Manta Point. Di lokasi tersebut Anda dapat melihat ikan badut, penyu dan barakuda. Lokasi selam ini lebih cocok disambangi peselam profesional karena arus yang kuat kurang ramah bagi penyelam pemula.

Alor – NTT

Masih di Nusa Tenggara Timur Anda bisa berkelana ke Kepulauan Alor yang terdiri atas 20 pulau dan beberapa selat. Tidak kalah indah dari Pulau Komodo, di tempat ini Anda dapat memiliki 30 titik selam yang seru. Beberapa diantaranya yakni No Man’s Land, The Chatedral, Peter’s Prize, Crocodile Rook, Never–never Wall, Trip Top, Half Moon Bay, Baruna’s Point dan Coconut Groove. Di lokasi ini hiu karang, penyu, belut moray, ikan napoleon dan barakuda berenang dengan indah.

Wakatobi – Sulawesi Tenggara

Taman Nasional yang ditetapkan sejak 1996 ini terdapat Pulau Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko. Bahkan Wakatobi juga ditetapkan UNESCO sebagai cagar biosfer dunia. Taman bawah laut di lokasi ini menyimpan 750 jenis koral dengan 25 gugusan terumbu karang. Ada 40 titik selam terbaik di wilayah yang berbatasan langsung dengan Laut Banda ini. Kedalaman laut di Wakatobi mencapai 1.044 meter dengan jarak pandang 15 – 80 meter dan arus yang bersahabat.

Bunaken – Sulawesi Utara

Anda tentu sudah tidak asing mendengar Taman Laut Bunaken. Wilayah ini terletak di Teluk Manado dan sering disebut sebagai taman laut terindah di dunia. Biota laut di Bunaken diantaranya terumbu karang, lumba-lumba, ikan purba choelacanth, duyung dan beragam ikan hias lain. Ada 20 titik selam dengan kedalam bervariasi mencapai 1.344 meter.

Halmahera Utara – Maluku Utara

Wilayah selam ini berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik. Halmahera Utara menjadi tempat selam yang cocok bagi penyelam pemula karena arus tenang dan jarak pandang yang dekat. Beberapa titik selam terbaik berada di Pulau Tobotobo, Bobale, Powale, Tagalaya dan Dodola. Sebagian peneliti menganggap kawasan ini sebagai jantung segitiga terumbu karang dunia.

Morotai – Maluku Utara

Pulau Morotai adalah kabupaten baru di Kepulauan halmahera Utara, Kepulauan Maluku. Pulau paling utara di Indonesia ini terdapat bangkai pesawat peninggalan Perang Dunia II yang menjadi rumah ikan-ikan kecil. Ada pula bangkai truk dengan beberapa bagian masih utuh di kedalaman 20 – 30 meter.

Raja Ampat – Papua Barat

Siapa yang tidak menolak ajakan berlibur ke Raja Ampat. Taman bawah laut terindah di Indonesia ini menyimpan keanekaragaman biota laut tertinggi di dunia dengan 537 spesies terumbu karang (mewakili 75% spesies terumbu karang dunia), lebih dari seribu ikan karang dan 700 moluska. Lokasi selam yang perlu Anda sambangi adalah Mike’s Point, Manta’s Point, Blue Magic, Mansuar Island dan Chicken Reef.

Belum Ada Berita Terkait