Makanan & Minuman Yang Menodai Gigi

PinkKorset.com – Semua orang ingin senyum putih cemerlang bak iklan pasta gigi. Selain perawatan harian, ada makanan dan minuman yang sebaiknya tak Anda konsumsi secara berlebihan.

Memang, warna natural gigi bukanlah putih gemerlap seperti berlian. Meski begitu, noda permanen pada gigi bisa mengurangi kepercayaan diri. Berikut beberapa makanan dan minuman yang jika dikonsumsi berlebihan bisa menodai gigi.

Beri: Warna yang cenderung gelap membuat buah ini meninggalkan noda jika dikonsumi teratur. Perlu diketahui, beri adalah buah yang kaya manfaat. Sebab itu, jangan lupa menyikat gigi setelah makan beri.

Kopi: Minuman ini mengandung tanin yang menodai gigi dan mengubah warnanya. Kopi juga bersifat asam, bisa mempercepat pembusukan gigi.

Teh: Seperti kopi, teh juga mengandung tanin. Frekuensi minum teh juga berpengaruh. Salah satu solusinya, tambahkan sedikit susu. Kasein pada susu bisa mencegah dan mengurangi pembentukan noda tersebut.

Kari: Pigmen gelap pada masakan kari bisa memberi noda pada gigi. Solusinya, jangan sering-sering makan kari.

Saus tomat: Pada dasarnya, apapun yang meninggalkan noda pada karpet Anda juga bisa melakukan hal yang sama pada gigi. Ingat, kuncinya ada pada seberapa sering mengonsumsinya.

Soda: Meskipun Anda berusaha menghibur diri dengan membeli versi diet, soda tetap saja bersifat asam. Sedotan mungkin bisa sedikit membantu tapi sebaiknya pilihlah air putih yang lebih menyehatkan.

Saus yang mengandung cuka: Misalnya saus pempek. Sifat asam cuka dan warnanya yang gelap akan lengket dan menempel di gigi. Jika tak langsung menyikat gigi, nodanya bisa mengubah warna gigi.

Minuman olah raga: Ada beberapa riset yang membuktikan, minuman olah raga sebenarnya lebih berbahaya untuk gigi ketimbang soda. Mengonsumsinya secara berlebihan bisa melemahkan dan merusak jaringan gigi. Haus saat olah raga? Minum air putih!

Anggur dan minuman anggur: Lagi, warna berperan. Anggur pada dasarnya adalah buah yang memiliki pigmen gelap dan bakal menodai gigi jika dikonsumsi secara teratur. Gosok gigi secara menyeluruh, hanya itu yang bisa Anda lakukan jika amat menyukai anggur dan wine.

Lemon: Buah ini memang agen pembersih yang dahsyat.  Sifatnya sangat asam dan bisa mengikis enamel gigi. Kurangi makanan dan minuman bersifat asam, untuk menjaga kesehatan gigi.