MamyPoko Kuasai Pasar Popok Bayi Indonesia [youtube]

MamyPoko Kuasai Pasar Popok Bayi Indonesia

PinkKorset.com, Jakarta – Para ibu yang memiliki bayi, tampaknya tidak asing lagi dengan merek popok bayi yang satu ini.

Ya. Perusahaan Uni-Charm Group asal Jepang yang memproduksi popok bayi merek MamyPoko, berhasil menguasai 63% pasar popok bayi sekali pakai di Indonesia.

President Director PT Uni-Charm Indonesia Masaaki Takahashi mengatakan, selama delapan tahun berbisnis di Indonesia, perusahaannya tercatat 14 kali mengalami pertumbuhan. Hal ini tidak terlepas dari usaha memahami tren kebutuhan konsumen Indonesia. “Ini salah satu kunci keberhasilan kami di Indonesia,” ujarnya saat jumpa pers 10 Tahun MamyPoko Pants Standar di Jakarta, Kamis (18/8/2016).

Misalkan saja data Uni-Charm Research pada 2000 silam menunjukkan bahwa 80% bayi di Indonesia masih memakai popok kain dan hanya 20% memakai popok sekali pakai.

Kala itu, popok sekali pakai masih dianggap barang mewah. Padahal para ibu kelas menengah membutuhkan popok sekali pakai karena higienis dan praktis. Ketimbang mencuci popok kain di lingkungan tempat tinggal yang kurang bersih. Inilah yang mendasari PT Uni-Charm Indonesia meluncurkan popok bayi sekali pakai untuk pertama kalinya.

Enam tahun kemudian, staf Uni-Charm Jepang dan Indonesia bekerja sama membuat popok bayi sekali pakai tipe celana, MamyPoko Pants Standar, dengan harga terjangkau. Popok bentuk celana dirancang lebih higienis ketimbang popok model biasa karena tidak perlu membaringkan bayi dan lebih praktis.
“Setahun kemudian raih marketshare 60%. Sekarang pengguna popok sekali pakai 83% dan 17% popok kain. Tren berubah,” kata GM Marketing PT Uni-Charm Indonesia Daisuke Iguchi.

mamypoko1Sepuluh tahun kemudian (2016), PT Uni-Charm Indonesia kembali berinovasi dengan menghadirkan MamyPoko Pants Standar berteknologi baru.

Yakni adanya garis penyerap ganda sehingga lebih cepat menyerap cairan dan tetap kering selama 10 jam.

Selain desain kemasan dan logo produk ini berubah, bagian karet pinggang dirancang lebih lembut agar tidak iritasi di kulit, ban pinggang mudah disobek dan sirkulasi udara lebih lancar.

mamypoko-preskonKemampuan memahami pasar inilah yang membuat Uni-Charm Group sukses menancapkan bisnis di Indonesia melalui PT Uni-Charm Indonesia sejak 1997.  Produk yang paling populer adalah MamyPoko Standar. Lembaga survei internasional AC Nielsen (Mei 2016) mencatat 63% marketshare MamyPoko Pants Standar di Indonesia.

Selain itu, sebagai perusahaan manufaktur pembalut dan popok dewasa, Unicharm Indonesia juga mencatat marketshare 40% pada produk Charm dan 51% untuk Lifree.

Keberhasilan ini selaras dengan kesuksesan rangkaian produk lain Uni-Charm Group di pasar global. Uni-Charm Group mencatat sejak September 2015, rangkaian produk baby care, feminine care dan adult diapers menjadi nomor satu di Asia (marketshare 24,8%) dan nomor tiga di dunia (marketshare 10,2%).

Di negara asalnya, Unicharm Group dibentuk sejak 1961 dan dikenal pula sebagai perusahaan manufaktur produk kebersihan dan perawatan sehari-hari seperti tisu pembersih, sampo, detergen, pasta gigi dan produk perawatan kulit.