Melirik Pasar Busana Muslim Rusia [sputniknews]

Melirik Pasar Busana Muslim Rusia

PinkKorset.com – Rusia dianggap pasar yang cukup potensial untuk busana muslim.

Desainer Itang Yunasz mengatakan, pasar busana muslim Rusia menyimpan potensi menarik, dibandingkan kota-kota yang terkenal fesyennya, seperti Milan atau Paris.

Apalagi jumlah penduduk Muslim Rusia dan pecahannya seperti Kirgizstan, Kazakhstan, dan Azerbaijan cukup banyak, mencapai 25 juta jiwa. ”Di sini (Rusia), pasarnya masih terbuka lebar, tidak terlalu sesak,”ujarnya di Jakarta, baru-baru ini.

Ia pun menilai, masyarakat Rusia menyukai busana yang bertemakan Jawa, batik, dan etnik. Terutama karena koleksi tersebut unik dan terlihat berbeda.

itang-yunasz,-rusia-1

Setidaknya kesimpulan tersebut ia peroleh saat berkesempatan memamerkan dan memasarkan koleksi Spring Summer 2016-nya di Rusia.

Pada ajang di Expocentre Moscow, Rusia, 31 Agustus – 3 September 2016 lalu, Itang membawa koleksi baju muslim. Bertajuk Java Sumatera, sebanyak 24 look modest wear ditampilkan dalam batik Sawunggaling dan tapis Lampung yang dibuat dengan teknik cetak digital.

Koleksi Itang pun berhasil memikat para pengunjung di Rusia, kendati persiapannya hanya dua bulan. Dengan harga busana tidak lebih dari Rp 1 juta (di luar ongkos kirim), Itang kebanjiran pesanan.

“Busana yang tadinya hanya untuk display, malah banyak laku terjual setelah fashion show dan suasananya benar-benar sangat Indonesia sekali,” kata Itang di Jakarta, baru-baru ini.

itang-yunasz,-rusia-2

Dalam acara yang juga berkonsep pameran Business-to-Business itu, empat buyer lokal melakukan pesanan dalam jumlah besar. Bahkan, ada buyer yang ingin langsung membayar tunai di muka. “Itu yang membanggakan saya. Jadi surprise juga mereka tidak mau mengganti label. Labelnya tetap Itang Yunasz,” kata anggota Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) itu.

Acara Expocentre Moscow sendiri sudah berlangsung sejak 20 tahun lalu. Namun baru tahun ini, desainer dari Indonesia berpartisipasi. Sebelumnya, brand Asia hanya diwakili pemain besar seperti Tiongkok dan Jepang. Selain Itang, ikut pula Ardistia New York dan Alleira.

Untuk langkah berikutnya, Itang akan menggarap pasar Rusia dengan melansir koleksi Autumn-Winter. “Supaya buyer melihat konsistensi kita,” pungkasnya.