Memilih Foundation yang Tepat [Pinkbeauty]

Memilih Foundation yang Tepat

PinkKorset.com, Jakarta – Foundation merupakan bagian penting dari kesempurnaan riasan wajah. Bila salah pilih, riasan Anda akan terlihat tidak natural dan seperti memakai topeng.

Menemukan foundation yang sesuai untuk kulit wajah, memang tidak semudah memilih lipstik, eyeshadow, blush on ataupun bedak. Apalagi di pasaran banyak sekali jenis dan shade foundation yang dikeluarkan oleh perusahaan makeup.

Berikut beberapa hal yang bisa menjadi panduan Anda memilih foundation:

  1. Ketahui warna dasar kulit wajah

Sebelum memilih foundation, kenali dulu warna dasar kulit Anda. Warna dasar umumnya dibedakan menjadi tiga macam, yakni cool, warm dan netral. Bila kulit mudah menjadi pink saat terkena sinar matahari, itu berarti kulit Anda memiliki warna dasar cool. Sedangkan pada warna dasar warm, kulit terlihat lebih bronzy atau sedikit lebih gelap.

  1. Kenali shade foundation

Seperti warna kulit, shade foundation juga terdiri dari warm dan cool. Anda bisa mencocokkan shade foundation dengan warna dasar kulit. Foundation warna hangat biasanya menggunakan dasar kekuningan, yang dikenal dengan istilah natural, ivory, peach, golden dan copper. Sedangkan foundation warna dingin biasanya bernuansa rose atau pink, yang diwakili istilah pink, rose, sand, porcelain dan olive. Adapun beige termasuk kategori netral.

  1. Pastikan jenis kulit Anda

Ada dua jenis foundation yang biasa dijual di pasaran, yaitu creamy dan matte. Foundation bertekstur creamy cocok digunakan oleh kulit wajah yang cenderung kering. Sementara matte digunakan oleh kulit wajah yang berminyak.

  1. Pilih foundation yang mendekati warna kulit

Jika sudah mengenali kulit wajah dan macam shade foundation, kini saatnya memilih warna foundation yang paling cocok untuk Anda.

Pertama, perlu diingat fungsi foundation adalah untuk menutupi kekurangan pada wajah, bukan untuk mengubah warna kulit. Jadi, pilih warna foundation yang paling mendekati kulit wajah. Indikasi pilihan Anda sudah benar adalah warna foundation terlihat menyatu dengan kulit.

Jika Anda tidak bisa menemukan warna yang sesuai, campur dua warna foundation hingga menemukan warna yang pas dengan kulit wajah. Memilih warna foundation yang tepat di kulit wajah memang cukup tricky. Untuk itu, pastikan pencahayaan di tempat Anda cukup terang.