Mengapa Mata Lengket Setiap Pagi? [huffpost]

Mengapa Mata Lengket Setiap Pagi?

PinkKorset.com – Anda bangun setiap pagi dengan bagian pinggir mata mengering? Normalkah ini?

Bagian lengket dan kering di ujung mata ketika bangun tidur di pagi hari itu ternyata hal normal, menurut jubir American Academy of Ophthalmology Dr. Jeff Pettey. Hal tersebut, lanjutnya, takkan bisa berubah.

Mengapa lengket? Pettey mengatakan, bagian yang mengering itu campuran lendir, sel kulit yang mengelupas, minyak, dan air mata yang diproduksi mata ketika seseorang tidur.

“Ini bagian alamiah yang menunjukkan mata berfungsi secara normal,” katanya. Hal tersebut tak terjadi di siang hari saat kita terbangun karena mata berkedip. Sehingga, komponen itu tak berkumpul dan mengering.

Apakah bagian yang mengering itu bisa menunjukkan ketika kita sedang sakit? Ya, ketika warna yang dihasilkan bukan putih atau krem. Jika warna kuning atau hijau, bisa jadi pertanda infeksi bakteri.

Bisa pula kondisi kronis seperti blepharitis, mata kering, atau alergi. Pada sebagian besar kasus, bangun tidur dengan bagian kering itu merupakan hal yang normal. Anda harus khawatir begitu bagian yang mengering itu membuat bulu mata lengket.

Segera kunjungi dokter mata bila sejumlah kondisi seperti mata merah, gatal, berair, dan pedih juga menyertainya.