Mengapa Pipis di Malam Hari? [womansday]

Mengapa Pipis di Malam Hari?

PinkKorset.com – Anda sering terbangun di malam hari untuk buang air kecil? Selain menyebalkan, Anda juga mengganggu orang lain.

Belum lagi risiko sulit tidur kembali setelah kembali dari kamar mandi. Ternyata kondisi ini ada namanya, nokturia. Apa penyebabnya dan apakah kita bisa menghindarinya? Situs NecDoctor menjawab hal tersebut.

Nokturia adalah kondisi yang menyebabkan kita merasa ingin buang kecil saat tidur di malam hari. Semakin bertambah usia, hal ini makin sering dilakukan. Umum terjadi pada lelaki dewasa karena prostat yang membesar.

Penyebabnya beragam. Mulai dari kaki membengkak yang biasanya menandakan kondisi pada jantung, minum obat diuretik sehingga merasa sering ingin buang air kecil, perubahan jam tubuh, hingga kandung kemih tak stabil dan diabetes.

Juga bisa hal sederhana seperti terlalu banyak minum sebelum tidur. Solusinya pun tak jauh-jauh dari hal ini. Anda bisa mengurangi minum sebelum tidur dan mengatur jam minum. Bukan berarti mengurangi minum air seharian.

Jika sulit melakukannya, buat diary minum. Catat kapan Anda minum dan apa yang diminum, sehingga bisa menemukan pola. Solusi lainnya adalah mengurangi minuman kafein dan menggantinya dengan decaf.

Namun jika Anda khawatir nokturia disebabkan masalah kesehatan lain seperti infeksi kemih atau diabetes, segera kunjungi dokter untuk mencari tahu penyebab pastinya sehingga bisa lekas diobati.