Mengapa Twitter Singkirkan Vine? [money.cnn]

Mengapa Twitter Singkirkan Vine?

PinkKorset.com – Twitter menyingkirkan media sosial yang memiliki cukup banyak penggemar, Vine. Apa alasannya?

Pada 27 Oktober 2016, Twitter memutuskan akan meniadakan medsos sharing video yang baru berusia tiga tahun itu. Beberapa bulan mendatang, pengguna takkan lagi bisa mengunggah video.

Daya tarik Vine adalah tantangan untuk mengungkap banyak hal hanya dalam enam detik. Setelah diunggah, video Vine bisa dilihat oleh semua orang. Kurang lebih seperti Twitter yang dibatasi 140 karakter.

Kabar ini keluar setelah Twitter mengumumkan, sehari sebelumnya, akan melakukan PHK sekitar 9% dari total 3.860 karyawannya. Hal tersebut karena kerugian dan kesulitan menemukan investor.

Vine memiliki cukup banyak penggemar. Banyak selebritas baru yang mengawali karirnya dari Vine. Membuat video Vine yang bagus menjadi sebuah karya seni karena sifat videonya yang loop alias terus terputar ulang.

Namun tak bisa dipungkuri, medsos ini juga kalah dari pesaing besarnya yang membuat inovasi serupa. Seperti Instagram yang kini tak hanya bermain di foto, juga di video serta memiliki fitur serupa Snapchat.

Update besar seperti ini merupakan salah satu kiat yang membuat medsos tetap digemari. Twitter berjanji takkan menghapus video-video yang sudah diunggah. Namun tetap saja, pengguna setianya sudah merasa kehilangan.

Berikut beberapa diantara pengguna Vine atau Viners yang paling terkenal.

  • KingBach (16,2 juta followers): Pemuda bernama asli Andrew B. Bachelor ini berasal dari Kanada dan dibesarkan di Florida. Ia memiliki pengikut yang terbanyak.
  • Lele Pons (11,4 juta followers): Gadis asal Miami yang baru lulus SMU ini dikenal karena berciri khas hyper dan kadang melakukan aksi yang terlihat menyakitkan.
  • Brittany Furlan (9,9 juta followers): Perempuan yang berjasa mengenalkan Vine pada KingBach ini sempat menjadi salah satu orang paling berpengaruh di internet pada 2015 versi majalah Time. Ia kini menjadi aktris komedi.
  • Rudy Mancuso (10,6 jutaan followers): Viner keturunan latin ini terkenal karena parodi lucu. Ia juga gemar bermain musik dan membuat video-video loop yang keren. Sayang, akun Vine-nya kemungkinan sedang deactivate.
  • Jerry Puprdrank (9,3 juta followers): Salah satu kelebihan pemuda berkulit hitam ini adalah video-videonya yang relatable. Jerry memiliki game mobile yang bisa Anda unduh.
  • Logan Paul (9,4 juta followers): Logan, kadang dibantu adiknya Jake, memang tipikal pemuda Amerika Serikat (AS). Mereka berani melakukan beberapa hal di depan publik dan hal tersebut yang membuatnya terkenal.
  • Thomas Sanders (8,2 juta followers): Sederhana dan relatable adalah kunci sukses video-video Thomas Sanders. Pemuda yang jago nyanyi ini juga menyajikan enam detik super kreatif.
  • Cameron Dallas (9,6 juta followers): Modalnya bukan sekadar wajah ganteng dan kawan-kawan sesama Viners yang terkenal. Cameron memiliki banyak ide kocak. Ia pun mendapat peran utama dalam film Expelled (2014).
  • Christian DelGrosso (7,7 juta followers): Ia salah satu Viners yang kocak dan berwajah tampan. Seperti Logan, Christian juga memiliki adik seorang Viners yang cukup terkenal, Julian.