Menghadapi Anak Rewel Ada Caranya [archervox]

Menghadapi Anak Rewel Ada Caranya

PinkKorset.com, Tangerang – Bila anak rewel, orangtua terkadang bingung apakah harus menuruti kemauan anak atau membiarkannya.

Seringkali orangtua dibuat pusing ketika anak mulai meminta dibelikan sesuatu. Apalagi jika anak merengek di tempat umum. Orangtua pun kadang terpaksa menuruti kemauan si anak, karena sudah mengganggu ketenangan orang lain.

Psikolog Denia Putri Prameswari mengatakan,  anak rewel ketika meminta dibelikan sesuatu tidak harus dituruti. “Kalau ada uang dan memang pas untuk anak tidak apa-apa dibelikan. Tetapi, kalau anak minta sambil nangis jangan dituruti,” katanya kepada Pinkkorset.com.

Pemilik Pre-School dan Kindergarten Sekolah Bunga Matahari ini menuturkan, menuruti permintaan anak saat ia merengek atau menangisadalah pola asuh orang tua yang keliru dan menerapkan kebiasaan yang salah pada anak.

“Anak menganggap meminta sambil menangis cara yang benar karena orang tua langsung menuruti. Anak akan melakukan hal sama untuk mendapatkan yang ia inginkan,” katanya lagi.

Namun, anak rewel bukan berarti ia nakal. Menurut Denia, tidak ada anak nakal, melainkan mereka tidak tahu mengekspresikan keinginannya dengan cara yang benar.

 

Lalu, bagaimana bila hal ini sudah terlanjur terjadi pada anak?

Menurut Denia, tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki kesalahan ini. Orangtua disarankan untuk mengaku kalau telah melakukan kesalahan. Apalagi bila anak sudah besar, pemahaman seperti ini akan lebih mudah diterima.

“Yang penting orang tua jujur saja kalau salah. Katakan saja, ‘maaf dulu nurutin kamu beli mainan saat kamu nangis. Tapi ibu salah, harusnya kalau adek pakai cara benar, baru ibu kasih’. Orang tua tak perlu gengsi,” ujarnya.

Anak yang sudah diberikan pengertian, cenderung akan menerima penyesalan orang tua dan memiliki kesadaran untuk tidak mengulangi sikap buruknya.