Misteri Bitcoin Terbongkar? [bitcoingator]

Misteri Bitcoin Terbongkar?

PinkKorset.com – Akhirnya terbongkar siapa pencipta mata uang digital yang perlahan menjadi tren ini. Siapa dia?

Seorang lelaki dari Australia yang kabarnya memiliki kaitan dengan Bitcoin akhirnya mengklaim secara publik bahwa dia penciptanya. Menurut BBC News, Craig Wright mengaku menggunakan alias Satoshi Nakamoto.

Ilmuwan komputer, pencipta dan akademisi ini menyatakan ia meluncurkan Bitcoin pada 2009 dengan bantuan beberapa orang. Wright menyampaikan klaim yang sama ke media Economist. Majalah ini masih meragukan klaim itu.

Identitas pencipta Bitcoin selama ini masih menjadi salah satu misteri terbesar teknologi modern. Wright yang menulis panjang lebar via blog menyampaikan pada BBC, ia membongkar identitasnya karena banyak salah kaprah seputar Bitcoin.

“Mengungkapkan identitas saya merupakan keputusan besar. Saya melakukan ini karena sangat mencintai pekerjaan saya ingin menyingkirkan segala mitos dan kekhawatiran negatif,” paparnya.

Ia meyakini, Bitcoin dan inovasi teknologi yang digunakan untuk membuatnya ada, blockchain, bisa mengubah dunia menjadi lebih baik. Mengungkapkan jati dirinya sebagai pencipta Bitcoin juga ‘membebaskan’ Wright.

Kini, lanjutnya, ia bisa merilis hasil riset dan pekerjaan akademis lainnya untuk membantu masyarakat memahami Bitcoin. Perlu diketahui, teknologi ini menarik minat banyak warga digital yang menyukai kemudahan.

Keunggulan Bitcoin adalah keamanan dan kestabilan karena tak memiliki otoritas pusat. Mata uang ini tak dikendalikan bank sentral maupun regulasi pemerintah. Sayangnya, ini juga menjadi kelemahan Bitcoin.

Ketiadaan otoritas yang mengatur dan mengendalikan Bitcoin membuat mata uang tersebut menjadi primadona di kalangan pengemplang pajar dan penjahat. Walaupun tak ada anonimitas dalam Bitcoin karena dokumen transaksinya terbuka untuk publik.

Jika benar Wright pendirinya, ia termasuk orang kaya di bidang teknologi. Menurut perhitungan BBC, sudah terkumpul satu juta Bitcoin yang jika dikonversikan ke dolar Amerika Serikat menjadi 450 juta.

Jurnalis banyak yang menginvestigasi dan memburu siapa sebenarnya Nakamoto di balik Bitcoin ini. Mulai dari sosiolog asal Finlandia, jago matematika dari Jepang, hingga insinyur berdarah Jepang-Amerika sudah ‘dicurigai’.