Ngabuburit Seru di Monas [PinkKorset]

Ngabuburit Seru di Monas

PinkKorset.com, Jakarta – Ngabuburit tidak selalu mahal. Menunggu waktu berbuka puasa di Monas dapat menjadi alternatif yang cukup seru.

Coba saja mengunjungi Tugu Monas (Monumen Nasional) di jantung Ibukota Indonesia, Jakarta. Tugu setinggi 132 meter, dengan puncak menyerupai kobaran api bersepuh emas ini tetap beroperasi selama Ramadan.

Anda dapat berkunjung ke tempat ini setiap hari (kecuali Senin) pada pukul 08.00 – 19.00 WIB.

Untuk mencapai Monas, Anda dapat menggunakan bus TransJakarta dan turun di halte Monas atau lapangan Irti Monas. Sedangkan bila naik motor atau mobil, Anda bisa langsung parkir di lapangan Irti .

Menuju Tugu Monas, tersedia kereta wisata dari parkiran menuju akses pintu masuk, yang terletak di seberang Tugu Monas. Anda akan diarahkan oleh petugas menuju loket penjualan tiket, sebelum melewati terowongan ke area tugu.

Ada dua pilihan area wisata, yakni Cawan (goblet) dan Puncak (top). Bila hanya ingin menyaksikan Museum Sejarah Nasional Anda dapat memilih tiket Cawan. Sementara ingin ke Puncak Tugu Monas, berarti membeli tiket akses penuh (Cawan dan Puncak).

Harga tiket masuk berbeda sesuai kelompok usia (anak-anak/pelajar, mahasiswa dan dewasa).

Biaya tiket cawan anak-anak/pelajar Rp2 ribu, mahasiswa Rp3 ribu dan dewasa Rp5 ribu. Biaya tiket akses penuh (Puncak) anak-anak /pelajar Rp4 ribu, mahasiswa Rp8 ribu dan dewasa Rp15 ribu. Untuk pelajar harus menunjukkan kartu pelajar.

Tiket masuk ini disimpan untuk naik kereta wisata menuju parkiran kembali.

Area Cawan 

Di area Cawan terhampar puluhan diorama sejarah Indonesia yang terbagi dalam enam sisi diorama. Beberapa diorama mengisahkan sejarah manusia purba, Bandar Sriwijaya, Sumpah Palapa, perang Diponegoro, Proklamasi Kemerdekaan RI, Konferensi Asia Afrika dan KTT Non Blok.

Usai menjelajah sejarah Indonesia di area Cawan, Anda bisa berfoto di area luar cawan atau melanjutkan perjalanan menuju puncak.

Puncak Monas

Puncak Monas hanya dapat diakses melalui satu lift. Karena itu, pastikan Anda membawa tiket Puncak dan mengantre dengan tertib

Salah seorang petugas Monas Ade Anwar menyarankan untuk mengetahui kapasitas dan jam operasional lift sebelum menuju area Puncak.

“Lift beroperasi mulai pukul 08.00 – 19.00 WIB dan istirahat pukul 17.30 – 18.30 WIB. Pengunjung ke area Puncak dibatasi 2.000 orang per hari,” katanya kepada Pinkkorset.com di Jakarta, Sabtu (18/6/2016).

Sesampainya di Puncak, Anda dapat menikmati keindahan Kota Jakarta, bahkan pegunungan, melalui empat buah teleskop yang tersedia di masing-masing pojok area.

Setelah menikmati area Cawan dan Puncak, Anda dapat turun dan berfoto ria di depan relief dan patung yang tersedia di empat sudut taman area dalam Monas.

Area Lain 

Bila Anda belum puas menikmati wisata Tugu Monas, masih ada lagi area taman yang menyuguhkan suasana teduh, pijat refleksi kaki di atas jalan bebatuan, bermain ayunan dan menyaksikan gerombolan rusa. Pengunjung dapat menikmati seluruh fasilitas di taman tanpa dipungut biaya.

Sementara berbuka puasa, Anda dapat melabuhkan lapar dan dahaga di Lenggang Jakarta yang berlokasi di Lapangan Irti Monas. Seluruh hidangan khas Nusantara tersaji di tempat ini. Hanya saja, Anda perlu menyiapkan uang plastik (e-money) karena seluruh stan di sini tidak menerima pembayaran uang tunai.

Jadi, sudahkah Anda menentukan tempat ngabuburit hari ini?