Nikmatnya Kuliner Jawa di FKB 2016 [PinkKorset]

Nikmatnya Kuliner Jawa di FKB 2016

PinkKorset.com, Bekasi –  Kuliner seantero Pulau Jawa kini bisa Anda nikmati di Festival Kuliner Bekasi 2016.

Mengusung budaya khas Jawa dengan tagline ‘Panganane wenak, musike jos!’, FKB 2016 menawarkan beragam hidangan tradisional Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur.

Hadir di Summarecon Mal Bekasi pada 9 September – 2 Oktober 2016, sebanyak 82 tenant yang terdiri atas 30 gerobak dan 52 booth  siap menyajikan menu terbaik .

Memasuki area FKB, Anda akan disambut patung cepot berpakaian ala Gatot Kaca. Gapura bergaya keraton dengan kain batik yang tergantung di atapnya, mengawali petualangan kuliner Anda.

Jawa Barat

Perjalanan kuliner Anda bisa dimulai dari area Jawa Barat. Salah satu sajian yang perlu Anda coba adalah Mie Ayam Oncom di booth Mie Seuhah Bandung. Sajian ini terdiri atas mi, tumisan ayam, tumisan jamur, daun sawi rebus, pangsit goreng dan kuah gurih terpisah.

Asam manis dan sedikit pedas dengan rasa oncom kental membangkitkan nuansa kuliner Jawa Barat. Kendati hanya semangkuk mie tetapi cukup mengganjal perut Anda yang ‘meronta’. Semangkuk mi yang dibanderol Rp25 ribu ini disuguhkan dengan isi ‘padat’. Tempat ini juga menyuguhkan Mie Ayam Rica, Mie Ayam Jamur dan Mie Gelosor.

Coba juga sajian khas Jawa Barat lainnya, seperti Es Goyobod, Nasi Cikur Khas Bandung, Nasi Jamblang, Sate Maranggi dan Sate Kelinci Mas Narno Lembang.

Jawa Tengah

Memasuki area kuliner Jawa Tengah, tiba saatnya mengudap camilan khas Semarang. Ya. Tahu Petis Yudhistira tersedia di sini. Tahu goreng berisi petis bercitarasa manis dengan cabai rawit terasa lezat di lidah. Seporsi tahu petis berisi lima buah dibanderol harga Rp20 ribu. Sementara sajian utama yang mengenyangkan diantaranya Nasi Langgi, Soto Ayam Bening Solo, Sate Sapi Pak Kempleng, Tengkleng Solo dan Nasi Liwet.

Yogyakarta

Pilihan kuliner khas Yogyakarta di FKB 2016 cukup berlimpah. Anda bisa memulai santapan dengan Sate Klatak Mas Tanto. Sate kambing yang ditusuk dengan jeruji sepeda dan dibakar di atas bara ini menghasilkan sensasi berbeda. Seporsi Sate Klatak Kambing dan lontong dipatok harga Rp40 ribu. Ada pula Sate Klatak Sapi dengan harga Rp42 ribu.

Sajian seru khas Yogyakarta ini perlu dicoba. Yup. Oseng-oseng Mercon siap memancing keringat Anda. Hidangan daging dan tetelan sapi yang ditumis dengan bumbu pedas ini cukup lezat. Kendati sajian ini berwarna merah merona tetapi tidak sampai membakar lidah Anda. Seporsi Oseng-oseng Mercon dijual dengan harga Rp25. Nikmati pula sajian khas yogyakarta lainnya, seperti Gudeg, Brongkos Yogya dan Bakmi Godog Yogya.

Jawa Timur

Salah satu sajian terkenal dari Jawa Timur yakni Pecel Madiun di booth Pecel Madiun Sari Rasa. Aneka sayuran rebus berbalur bumbu pecel nan manis, legit, gurih dan sedikit pedas sanggup menggoyang lidah. Kendati tanpa kembang turi tetapi tetap nikmat lengkap dengan peyek kacang.

FKB 2016 juga menghadirkan kuliner selain khas tradisional Jawa. Misalnya saja Es Selendang Mayang, Rujak Jakarta, Sop Durian, Kue Ape, Ketoprak Ragil dan Nasi Ulam.

Suasana semakin nyaman dengan beragam dekorasi dan unsur seni budaya yag tertata apik di setiap sudut area FKB 2016. Anda bisa menyantap aneka hidangan di tempat ini sambil lesehan layaknya di Jalan Malioboro, Yogyakarta. Area ini berkapasitas lebih dari 10 meja dan terletak di sisi kanan gerbang utama FKB.

Seluruh hidangan dan fasilitas di FKB 2016 dapat Anda nikmati dengan menggunakan uang-uangan yang dapat dibeli di beberapa kasir di area tersebut. Nominal uang tersedia pecahan Rp1 (Rp.1000), Rp5 (Rp5 ribu), Rp10 (Rp10 ribu), Rp20 (Rp20 ribu) dan Rp50 (Rp50 ribu).