Nikmatnya Seruput Single Origin Coffee Indonesia [Pinkkorset]

Nikmatnya Seruput Single Origin Coffee Indonesia

PinkKorset.com, Jakarta – Sebanyak sembilan single origin coffee Indonesia jenis Arabika dan Robusta tersaji nikmat di Diskus Ruang Kopi.

Menyeruput kopi sambil mengobrol bersama teman memang paling nikmat dilakukan di kafe. Apalagi menikmati kopi asli Indonesia yang diperoleh dari satu wilayah (single origin coffee) dan tersaji beragam jenis. Salah satu tempat ngopi yang menyuguhkan khusus kopi Indonesia yakni Diskus Ruang Kopi di Verse Lite Pembangunan Hotel yang berlokasi di Jl. Pembangunan I No.22-24, Petojo Utara, Jakarta Pusat.

Kafe berkapasitas 50 orang ini menyajikan delapan jenis single origin coffee Indonesia jenis Arabika seperti kopi Toraja, Mandheling, Papua Wamena, Aceh Gayo, Java Preanger, Lintong, Flores Bajawa dan Bali Kintamani. Sementara tipe Robusta hanya Java Dampit.

Semua jenis kopi tersebut memiliki rasa dan aroma berbeda. Misalnya kopi Toraja beraroma caramelly, chocolate dan fruity dengan rasa sweet chocolate, delicate serta leci. Kopi Bali Kintamani bercitarasa sweet, syrup dan chocolate bitter lengkap dengan aroma dark chocolate, orange serta lemon.  Kemudian kopi Java Preanger terasa spicy, herbal dan nutty dengan aroma nutty dan caramel.

Berbeda dengan ragam tipe kopi Arabika yang memiliki rasa asam, kopi Robusta justru pahit seperti Java Dampit ini. Namun tidak sekadar pahit, Java Dampit juga memiliki karakter khas yakni woody, strong dengan aroma nutty, chocolate dan caramelly.

Pendiri Diskus Ruang Kopi, Argo Ponco Baskoro beralasan pemilihan sembilan jenis single coffee origin tersebut karena memiliki perbedaan karakter tidak terlalu signifikan. Hal ini bertujuan menggaet konsumen agar beralih dari kopi sachet ke kopi asli.

“Kopi asli itu enggak bikin ketagihan dan pusing karena tanpa pengawet dan perasa,” ucapnya saat media gathering Diskus Ruang Kopi di Jakarta, Rabu (28/12/2016).

Ada beragam cara pula menikmati kopi-kopi Indonesia. Namun, teknik paling nikmat dengan metode seduh manual (manual brew) seperti tubruk, pour over, aeropress, Vietnam drip dan French press.

Argo menambahkan, manual brew lebih mudah dilakukan ketimbang menggunakan mesin espresso. Rasa kopi dengan manual brew lebih light, sedangkan seduhan dengan mesin lebih tebal (bold)

Beberapa menu unggulan kafe ini adalah Kopi Join Tubruk, Kopi Join Filtered, Paradise dan Black Clara. Sementara minuman lainnya seperti Choco Frappe, Milk Shake Vanilla, Lychee Squash dan Lemonade. Sementara menu makanan diantaranya Nasi Ayam Sambal Matah, Nasi Goreng Kuning dan Spaghetti Tek-Tek. Seluruh harga menu di tempat ini berkisar Rp10 ribu – Rp35 ribu dengan waktu operasional pukul 11.00 – 23.00 WIB.