Nuansa Tradisional di Kafe Batik

PinkKorset.com, Jakarta – Sajian tradisional Jawa memang paling pas bila dinikmati di tempat dengan nuansa batik yang kental.

Sebut saja Kafe Batik. Berlokasi di Pasaraya Grande, Lt. 2, Jl. Sultan Iskandaryah II No. 2, Kebayoran Baru, Jakarta, kafe ini mampu menuntaskan kerinduan akan suasana Jawa tradisional.

Berada di area yang tenang dan nyaman, diiringi musik gamelan yang lembut menyapa telinga, Anda seakan dibawa pada kenangan Tanah Jawa tempo dulu.

Presiden Direktur Pasaraya Medina Latief Harjani mengatakan, Kafe Batik didirikan untuk mengakomodasi orang-orang yang ingin menyantap kuliner Jawa sambil menikmati kenyamanan dan ketenangan di ruangan dengan interior batik.

kafe-batik2

“Tempat ini bisa sebagai tempat rapat, menikmati makanan maupun menghindari hingar-bingar,” katanya kepada PinkKorset.com di Jakarta.

Selain pekerja kantoran di sekitar Pasaraya, Kafe batik juga kerap disinggahi expatriat asal Jepang, Korea Selatan dan Amerika Serikat usai berbelanja. Kafe ini ramai saat jam makan siang dan setelah makan siang (after lunch).

Deretan menu yang tersedia pun, membangkitkan selera.  Anda bisa mencoba sajian berkuah sebagai pembuka hidangan yang menghangatkan.

Sop Buntut

Sajian berkuah ini adalah salah satu hidangan favorit di Kafe Batik.  Mangkuk besar berisi daging buntut sapi, kaldu kental nan gurih berpadu cantik dengan warna warni sayuran seperti wortel, tomat, kentang, daun seledri dan daun bawang.

Kendati daging dan tulang buntut menyatu tetapi begitu mudah dipisahkan. Daging begitu lunak dan lembut sangat memanjakan lidah. Terlebih kaldu buntut yang kental dan cukup gurih menambah kelezatan. Ada pula sambal hijau, jeruk nipis, bawang goreng, emping serta nasi putih yang semakin melengkapi rasa sup ini.

sop-buntut

Nasi Goreng Rempah

Bagi penikmat rasa dan aroma kuat, Nasi Goreng Rempah bisa menjadi pilihan menu utama. Nasi berwarna cokelat kekuningan ini memberikan cita rasa pedas rempah di lidah. Ikan teri medan mungil tersisip di antara nasi menambah rasa gurih Nasi Goreng Rempah. Rasa dan penampilan sajian ini meriah dengan acar, telur mata sapi, cabai dan daun bawang iris, tomat, timun, selada, perteseli serta kerupuk udang.

nasi-goreng-,-kafebatik

Es Sereh Kafe Batik

es-serehUsai menyantap berbagai hidangan penuh rasa. Kini saatnya membilas lidah dan tenggorokan dengan Es Sereh Kafe Batik. Minuman segar dengan paduan aroma serai yang harum, asam sari lemon dan manisnya dadu sari kelapa kembali menetralkan indra pencecap Anda.

 

Anda juga mencoba sajian lain yang tak kalah nikmat, seperti Tempe Mendoan, Pecel Madiun, Rawon Madiun, Nasi Bogana, Nasi Liwet Kraton, Nasi Gudeg Jogya dan Pisang Goreng Keju Khas Solo. Sementara minuman tersedia Kopi Tubruk, Teh Poci dan aneka soft drink serta jus buah. Seluruh harga menu makanan dan minuman Kafe Batik berkisar Rp10.900 – Rp89.900.

—–

Kafe berkapasitas 75 tempat duduk ini sedang dalam tahap renovasi. Bila dekorasi lama didominasi warna cokelat dan kain batik. Namun pada dekorasi terbaru nanti lebih bernuansa modern minimalis. Namun tetap menampilkan unsur batik.

“Renovasi baru 60%. Nanti tidak ada kain batik lagi tapi ukiran motif Batik Kawung pada dinding dan atap,” ucap Teguh, Manager Kafe Batik.

Kafe Batik akan menampakkan wajah baru pada akhir Oktober 2016. Selama renovasi kafe ini tetap buka mengikuti jam operasional Pasaraya, yakni pukul 10.00 hingga 22.00 WIB.